JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Unik dan Kreatif, Make Up Artist Ini Pakai Wajahnya Sendiri untuk Bikin Lukisan Aneka Kuliner Indonesia

Sebagian hasil karya lukis wajah dengan tema kuliner Indonesia karya make up artist Nia Ingrid. Foto: Instagram/@niaingrid

JOGLOSEMARNEWS.COM Seorang make up artist menjadi viral di media sosial setelah mengunggah hasil karyanya melukis aneka kuliner khas Indonesia di wajahnya.

Menggunakan teknik body painting, pemilik akun Instagram @niaingrid itu telah mulai mengunggah hasil karyanya yang bertemakan kuliner dan jajanan khas Indonesia sejak Mei 2020 lalu.

Unggahan pertamanya dengan tema kuliner Indonesia adalah lukisan Indomie goreng instan yang diunggah pada 29 Mei 2020 lalu.

Dalam keterangan fotonya, Nia menuliskan jika Indomie adalah produk lokal kebanggaan Indonesia yang tidak pernah punah.

“Lagi kepengen bikin makeup yang inspired sama produk asli Indonesia yang dicintai semua orang…. secara instan aku terpikir “INDOMIE”

“Karena Indomie salah satu produk kebangganku sebagai masyarakat Indonesia dari zaman sebelum aku lahir hingga sekarang.”

“Mungkin banyak dari kita yang sering kali memandang sisi negatif dari produk mi instan, tapi coba deh liat dari sisi positifnya, Indomie udah berperan besar banget di negara kita… jadi pengganti makanan pokok yang bermanfaat banget untuk seluruh lapisan masyarakat mulai dari masyarakat kecil, menengah sampai atas, semuanya suka !”

“Kalau mau sebutin prestasi, Indomie udah jadi produk ekspor di mancanegara! Rasanya bangga banget kalo lihat ada Indomie di supermarket negara asing saat sedang travel keluar negeri atau sekedar dengar dari temen yang ngalamin aja udah bangga!” tulis Nia.

View this post on Instagram

@indomie , produk lokal kebanggan kita semua yang gak pernah punah, setuju? ❤️🇮🇩 #10hariberkonten #Day2 #thisismakeup #cintaiprodukindonesia . Lagi kepengen bikin makeup yang inspired sama produk asli Indonesia yang dicintai semua orang…. secara instan aku terpikir “INDOMIE” 🍜 . Karena Indomie salah satu produk kebangganku sebagai masyarakat Indonesia dari zaman sebelum aku lahir hingga sekarang :’)🌏 . Mungkin banyak dari kita yang seringkali memandang sisi negatif dari produk “mi instan”, tapi coba deh liat dari sisi positifnya, Indomie udah berperan besar banget di negara kita… jadi pengganti makanan pokok yang bermanfaat banget untuk seluruh lapisan masyarakat mulai dari masyarakat kecil, menengah sampai atas, semuanya suka ! ❤️🤍 . Kalau mau sebutin prestasi, Indomie udah jadi produk ekspor di mancanegara ! rasanya bangga banget kalo lihat ada Indomie disupermarket negara asing saat sedang travel keluar negeri / sekedar dengar dari temen yang ngalamin aja udah bangga ! 😆🤣 . Aku yakin hampir gak ada masyarakat Indonesia yang gak pernah cobain produk ini 🥰 . Demikian apresiasi singkatku untuk Indomie 🙏 produk kecintaan kita semua 🤗💪🏼 Dan, habis lihat post ini, malam ini jadi ngidam masak indomie gak nih? 😜 . #indonesia #anakmudaindonesia #indomie #indomieseleraku #indomiegoreng #indomiemakeupchallenge #indonesianmakeupartist #muaindonesia #facepainting #undiscoveredmuas #artisticmakeup #artmakeup #illusionmakeup #foodmakeup #foodie #foodporn #foodbloggerindonesia

A post shared by Balik lagi bersama NIAINGRID 😜 (@niaingrid) on

Tidak hanya mengunggah foto hasil karya lukisan wajahnya, Nia juga membagikan proses pembuatannya di postingan yang lain.

Pada unggahan lainnya, Nia juga membagikan hasil karya make up wajahnya yang lain dengan gambar jajanan anak-anak tempo dulu, sate madura, hingga pempek palembang.

Untuk menambah tampilan karyanya agar lebih realistis, Nia juga sesekali menggunakan properti sebagai pelengkap riasan kuliner Indonesianya, seperti garpu plastik di lukisan Indomie goreng, tusuk sate untuk sate Madura, dan kuah cuko untuk pempek Palembang.

View this post on Instagram

INI DIA MENU HIDANGAN PERTAMA dari #NiaingridMakeupSeries 😋 edisi “Kuliner Indonesia, yaitu “SATE MADURA” 😄🍡 . Sepanjang menelusuri berbagai sumber mengenai makanan Indonesia, Sate selalu disebut sebagai makanan favorit di Indonesia ! 🥰 . Karena akupun berpikir, siapa sih yang gak pernah makan sate? Dari aku kecil hingga sekarang sate masih ramai diperjualbelikan dan jadi menu pilihan kita semua 😍 . Tahu gak teman-teman, bahwa Sate diduga diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar abad ke 19, dan asal mula Sate diperebutkan lho antara Indonesia dan negara tetangga kita 😢 Karena cukup banyak masakan di Asia Tenggara yang memakai jenis masakan “sate”/ “satay” walau pengolahannya berbeda… . Diduga juga bahwa Sate / satai berasal dari kata Tamil, dimana pada Abad ke 19 banyak pedagang dari arab dan Gujarat India ke Indonesia. Namun lainnya diduga bahwa asal mula sate ini dari negara Cina, dimana berasal dari kata “sa tae bak” yang berarti “tiga potong daging”, tapi teori ini diragukan secara tradisional karena sate yang kita makan selama ini terdiri dari “empat potong daging” 🧐 . Dan kali ini aku mengangkat SATE yang sangat terkenal yaitu sate khas dari MADURA, dimana keistimewaan sate ini terletak pada bumbu kacang serta daging yang empuk dengan bumbu yang meresap kedalam jiwa #loh 🤣😋 (Walau sebenarnya banyak lho jenis sate di Indonesia, seperti SATE LILIT dari bali, SATE PADANG, dsbnya) . Dan aku yakin ada di benak teman-teman sekalian yang baru lihat foto ini “Itu kok dagingnya timbul ! 😱” (yang penasaran itu sate beneran/bukan yang ada di dahi Nia, swipe left sampai akhir ya! Ada video “removal process” nya yang gak kalah seru 🤩) . So apa makan malammu hari ini? SATE KAH? 😜 hahahaha Hope you guys like it! Dan ditunggu kuliner yang kedua ya, Nia kumpulin resepnya dulu biar bisa bikin yang enak buat temen-temen semua 😙 . #iloveindonesia #kulinerindonesia #kulinermadura #satemadura #sateayam #anakmudaberkarya #anakmudaindonesia #niaingrid #creativemakeup #facepainting #artmakeup #artisticmakeup #muaindonesia #indonesianmakeupart

A post shared by Balik lagi bersama NIAINGRID 😜 (@niaingrid) on

Foto unggahan lukisan Nia Ingrid itu langsung mendapat ribuan hingga puluhan ribu suka dari netizen.

View this post on Instagram

SIAP MELAHAP HIDANGAN KEDUA dari #NiaingridMakeupSeries 😋 edisi “Kuliner Indonesia, yaitu “PEMPEK PALEMBANG” 😄🍲 . Pempek ini adalah salah satu makanan khas Indonesia yang tiada duanya ! Liat fotonya aja Nia uda bisa bayangin perpaduan daging pempek dengan cuko nya yang… PAS BANGET DILIDAH 😋 Selalu salut dan bangga dengan permainan rasa dan rempah dari makanan Indonesia yang berani banget 🔥 . Mengulik sedikit sejarah dari “Pempek” ini, ternyata ceritanya menarik banget lho teman teman ! 😄 . Menurut sejarahnya, pempek masuk ke Indonesia sejak perantau dari Tionghoa masuk ke Palembang. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan “apek” atau “pek-pek” yang merupakan sebutan paman atau lelaki tua Tionghoa.👨‍🦳 . Berdasarkan cerita rakyat tahun 1617 (WOW, 403 tahun yang lalu 😭) Seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di tepian Sungai Musi, merasa bahwa hasil ikan yang berlimpah di sungai tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga beliau mencoba alternatif pengolahan baru, yaitu dengan mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka…. kemudian TADA! Jadilah pempek yang kita makan hingga sekarang ❤️ . Hingga kini, pempek beragam banget jenisnya… mulai dari pempek kapal selam, adaan , lenjer, keriting, dan masih banyak lagi berbagai olahan jenis pempek yang LEMAK NIAN! (bahasa palembangnya “Enak banget” 😀) . Kalau kamu paling suka jenis pempek yang mana nih ? 😋 . #iloveindonesia #kulinerindonesia #kulinerpalembang #pempek #pempekpalembang #anakmudaberkarya #anakmudaindonesia #niaingrid #creativemakeup #facepainting #artmakeup #artisticmakeup #muaindonesia #indonesianmakeupartist

A post shared by Balik lagi bersama NIAINGRID 😜 (@niaingrid) on

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Kamis 24 September 2020: Capricorn Dapat Inspirasi, Aries Melihat Peluang