JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Viral Video Seragam Tentara China Di-laundry di Kelapa Gading, Polisi Tangkap Terduga Pengunggah

Tangkapan layar video viral di media sosial yang menyebut adanya seragam tentara China di-laundry di Kelapa Gading. Foto: Joglosemarnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pihak kepolisian bergerak cepat setelah beredarnya video viral yang menyebut ada seragam tentara China di sebuah tempat laundry di kawasan Kelapa Gading.

Informasi dalam video tersebut telah dipastikan bohong atau hoaks. Polisi pun dikabarkan telah menahan satu orang yang diduga sebagai perekam dan pengunggah video.

Dilansir Liputan6.com, Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading langsung merespon setelah beredarnya video tersebut.

Kapolsek Kelapa Gading Kompol Rango Siregar mengatakan, pihaknya telah menyisir hingga 42 tempat laundry di wilayahnya dan hasilnya tidak menemukan seragam seperti yang ditampilkan dalam video.

Lebih lanjut Rango memaparkan, pihaknya juga telah menggandeng ahli bahasa untuk menganalisis logo dan tulisan yang terlihat di video tersebut. Dari keterangan ahli, dipastikan bahwa itu adalah tulisan Korea dan bukan China seperti yang dinarasikan oleh perekam video.

Baca Juga :  Persebaran Corona Meluas, Kembali 3 Gedung Pemprov DKI Jakarta Ditutup

Unit Reskrim Polsek Kelapa Gading dan Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat turun mencari dalang dibalik video.

Hasilnya, polisi menangkap Ace (35), asal Jakarta Timur, yang diduga sebagai perekam dan pengunggah video viral tersebut.

“Kami lacak kemudian akhirnya menemukan tersangka dan kami lakukan penangkapan,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susianto dalam keterangan tertulis, Rabu (29/7/2020).

Budi menuding Ace telah menyebarluaskan informasi hoaks yang berpotensi menimbulkan keonaran. Ace dijerat dengan Pasal 45 huruf a ayat 2 junto pasal 28 undang-undang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.

“Informasi yang disampaikan adalah informasi yang tidak benar,” ujar dia.

Video tersebut muncul pertama kali di media sosial pada 22 Juli lalu. Dalam video berdurasi sekitar 1 menit itu tampak sederet pakaian loreng yang digantung di rak jemuran.

Baca Juga :  Faisal Basri: Ekonomi RI Lebih Bagus dari Nepal, Tapi Kalah Jumlah Tes Corona

Perekam menarasikan, pakaian itu adalah seragam tentara China yang sedang dicuci di tempat laundry di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Baju-baju komunis ni, komunis tentara China nyuci di Kelapa Gading ni, di Kelapa Gading menerima pakaian seragam tentara China,” kata seorang pria dalam video tersebut.

“Di laundry Kelapa Gading menerima pakaian seragam tentara China. Ni China ni China tuh. Tentara China ini,” ucap dia lagi sambil memperlihatkan logo dan nama di seragam tersebut.

Perekam kembali mempertanyakan kenapa seragam itu bisa dicuci di laundry wilayah tersebut.

“Enggak tahu maksudnya apa ni tentara China nyuci di Kelapa Gading ni, pasukannya udah banyak ni, siap perang kayaknya ni,” sambung pria itu. Liputan 6