JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Asyik, Pemkot Solo Bakal Berikan Handphone Gratis Untuk Pelajar Tidak Mampu

Dok

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal memberikan handphone baru kepada pelajar Solo yang tidak mampu. Handphone diberikan untuk proses pembelajaran daring yang wajib dilakukan di tengah pandemi Corona saat ini.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengutarakan, langkah tersebut sudah dimulainya dengan menyiapkan sekitar 20an handphone baru yang akan diberikan kepada sejumlah pelajar tidak mampu. Awalnya, para pelajar tersebut mengirimkan pesan WhatsApp kepada dirinya untuk meminta handphone karena harus belajar daring.

Baca Juga :  Partai Gelora Dukung Gibran dan Bobby di Pilkada 2020, Anis Matta: Dinamika di Daerah

“Anak-anak WhatsApp saya. Kemudian saya carikan dari donatur. Ini menjadi rencana awal dari program pemberian handphone gratis,” urainya ditemui usai menghadiri agenda di DPRD Solo, Jumat (14/8/2020) siang.

Menurut Rudy, dari 1.500 warga miskin yang ada di Kota Solo, mereka akan diverifikasi siapa saja yang akan memperoleh bantuan tersebut. Pasalnya, tidak semua warga tidak mampu mendapatkan bantuan handphone gratis.

“Khususnya pelajar SD dan SMP dari sekolah negeri yang benar-benar belum ada fasilitas handphone di rumahnya. Ya kalau orang tuanya masih punya, pakai milik orang tuanya. Bapake ngalah sek, ben nggo sinau anake,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bawa Ratusan Botol Vodka, Whiskey dan Anggur Merah, Pemuda Boyolali Ini Diamankan Jajaran Polsek Banjarsari. Pelaku Sempat Hindari Razia, Namun....

Rudy menambahkan, dirinya akan terjun langsung untuk memastikan siapa saja yang menerima handphone gratis tersebut. Yang pasti, Pemkot Solo mendapatkan bantuan handphone gratis dari para donatur.

“Verifikasinya nanti kita melibatkan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Handphone-nya dari donatur ataupun kegiatan CSR,” pungkasnya. Prihatsari