JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Makna Logo HUT Ke-75 RI yang Berbentuk Perisai, Punya Tema Besar Indonesia Maju

Logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Foto: Kemensesneg/setneg.go.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Bangsa Indonesia akan memperingati 75 tahun kemerdekaannya dari penjajah pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI, salah satu hal yang tidak pernah ketinggalan adalah logo resmi HUT Kemerdekaan yang dirilis oleh pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

Begitu pun untuk tahun ini, di mana Kemensesneg telah meluncurkan logo resmi peringatan HUT ke-75 RI. Logo tahun ini memiliki bentuk dasar perisai yang mirip dengan yang ada di dada lambang negara, Garuda Pancasila.

Selain itu tetap dengan warna dominan merah dan putih, serta angka 75.

Berikut ini penjelasan makna logo peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI seperti yang diterangkan dalam Surat Edaran Kemensesneg nomor B-456/M.Sesneg/SeVTU.00.04/06/2020.

Makna Logo

Dalam lampiran surat edarannya, Kemensesneg menerangkan, logo ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia.

Selain itu juga wujud progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada rakyat Indonesia.

Baca Juga :  DPP PDIP Bakal Hukum Kader yang Langgar Protokol Kesehatan

Jika dirinci, masing-masing elemen garis penyusun angka 75 ini mempunyai arti filosofi masing-masing.

Angka 7: Bagian atas angka 7 adalah integrasi dari pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk rakyat Indonesia. Ini melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua individu.

Sedangkan bagian badan angka 7, berarti progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrastruktur. Meskipun tidak bergaris lurus namun progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku.

Angka 5: Pada badan angka 5 yang menyerupai lingkaran, merepresentasikan regenerasi, kerja yang konsisten dan progres yang nyata dalam bekerja. Lingkaran ini melambangkan progres yang terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki dan selalu mengejar target.

Ketika disatukan bersama elemen Perisai, logo ini melambangkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo ini juga disandingkan dengan tema besar perayaan kemerdekaan tahun ini ‘Indonesia Maju’.

Baca Juga :  Cerita Warga Sekitar soal Klinik Aborsi Ilegal yang Digerebek Polisi: Lihat Perubahan Janggal, Dokter yang Bertugas Ganti Beberapa Kali

Tema Besar

Tema besar untuk peringatan HUT ke-17 RI tahun ini adalah ‘Indonesia Maju’. Ini merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

Kemerdekaan saat ini harus menjadi kesempatan untuk berkarya tanpa batas serta kesempatan untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan.

Logo Bangga Buatan Indonesia

Logo Bangga Buatan Indonesia. Foto: Kemensesneg/setneg.go.id

Logo untuk perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI juga turut disempurnakan dengan adanya penambahan logo ‘Bangga Buatan Indonesia’.

Sesuai dengan surat edaran Kemensesneg, logo ini digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern.

Terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia.

Logo ini juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.

www.tribunnews.com