JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kartu Prakerja Gelombang 5 Sudah Dibuka, Ini Prosedur Mendaftarnya

Ilustarsi / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Sejak Sabtu (15/8/2020) siang kemarin, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 telah dibuka.

Kementerian Ketenagakerjaan pun mengimbau masyarakat yang sesuai kriteria, yaitu mereka yang masih menganggur atau baru saja terkena PHK, untuk segera mendaftar pada gelombang terbaru ini.

“Yuk, buat akun Kartu Prakerja, gabung ke Gelombang, dan jadilah yang #SiapDariSekarang!” tulis akun instagram @Kemnaker pada hari yang sama.

Pembukaan gelombang 5 ini berlangsung lebih cepat. Sebab, pendaftaran gelombang 4 baru saja ditutup pada Kamis, 13 Agustus 2020 dan menghasilkan 1,2 juta orang pendaftar, dari kuota 800.000. Artinya hanya berselang dua hari saja.

Sementara gelombang 4 dibuka selang waktu 3,5 bulan lebih sejak gelombang 3 ditutup pada 30 April 2020. Jeda waktu lama setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta program ini dihentikan sementara untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga :  Ekskavasi Situs Kumitir, Dikira Makam Ternyata Istana

Secara total, program ini akan menjaring 5,6 juta peserta. Program ini disediakan khusus sebagai bantuan di tengah pandemi Covid-19. Selain dapat pelatihan online, mereka juga dapat uang insentif. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 20 juta.

Untuk gelombang 5 ini akan kembali menampung peserta dengan kuota 800 ribu. Syaratnya masih sama yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang bersekolah atau kuliah.

Ada lima proses untuk pendaftaran. Pertama, membuka laman prakerja.go.id pada mesin pencari di handphone atau komputer.

Kedua, menyiapkan nomor Kartu Keluarga dan Nomo Induk Kependudukan (NIK). Masukkan data diri tersebut dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

Baca Juga :  Lakukan Swab Mandiri, Rektor IPB Arif Satria Positif Covid-19

Ketiga, siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.

Keempat, klik “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka. Lima, nantikan pengumuman peserta yang lolos gelombang melalui SMS. Untuk informasi lengkap, peserta dapat mengunjungi laman resmi www.prakerja.go.id/faq

Pengumuman gelombang 5 ini juga disampaikan panitia pelaksana dalam akun instagram @prakerja.go.id. Unggahan mereka dibalas dengan 16 ribu komentar lebih hingga Minggu (16/8/2020) pagi.

Beberapa peserta tampak mengeluhkan adanya gangguan teknis. Pihak panitia membalas beberapa keluhan dan akan menindaklanjutinya ke tim teknis. Namun belum semua keluhan ini yang dijawab.

www.tempo.co