JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Keren, Semangat Warga 26 RT di Desa Klandungan Sragen Beradu Kreasi di Tengah Pandemi. Dari Urunan Hingga Rela Lembur Berhari-hari, Dari Meriam Sampai Jet Tempur Dikerahkan Demi Lomba HUT RI

Warga di RT 22 antusias berkumpul di depan replika meriam dan taman perjuangan menyambut tim penilai Lomba K3 Desa Klandungan, Ngrampal, Sragen, Senin (17/8/2020) malam. Foto/Wardoyo
Warga di RT 22 antusias berkumpul di depan replika meriam dan taman perjuangan menyambut tim penilai Lomba K3 Desa Klandungan, Ngrampal, Sragen, Senin (17/8/2020) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski di tengah badai pandemi covid-19, semangat dan kemeriahan HUT ke-75 Kemerdekaan RI agaknya tak terpengaruh di Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen.

Terbukti, warga di 26 rukun tetangga (RT) yang ada di desa itu, sangat antusias untuk berkreasi memoleh lingkungan masing-masing demi memeriahkan hari jadi NKRI tercinta.

Meski hanya mengandalkan peralatan sederhana, semangat kegotongroyongan warga mampu menyulap lingkungan di desa itu berubah indah dan bertabur kreasi. Hal itu tampak saat dilakukan malam penilaian lomba kebersihan, kerapian dan keindahan (K3) antar RT yang dilangsungkan Senin (17/8/2020) malam tadi.

Pantauan di lapangan, hampir semua lingkungan RT tampil bersolek dan dihias warna-warni. Deretan lampu, lampion, hingga alat penerangan tempo dulu macam lampu sentir, tampak menghiasi jalan-jalan di kampung itu.

Beberapa RT juga menonjol dalam menciptakan kreasi ornamen bernuansa perjuangan kemerdekaan. Di antaranya RT 20 yang membuat replika TNI dan Polri di pos ronda. Kemudian taman untuk selfie yang bermandikan cahaya lampu.

Baca Juga :  Ini Link Resmi Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPPK Formasi Tenaga Kesehatan dari BKN. Cek Daftar Lengkapnya!

Tak mau kalah, RT 21 yang ada di sebelahnya juga memoles habis lingkungan dengan berbagai pernak-pernik menarik. Di antaranya replika pesawat terbang merah putih, helikopter, hingga memajang foto puluhan pahlawan nasional di sudut jalan.

Kreasi pesawat di RT 21. Foto/Wardoyo

Di RT lainnya yakni 22, tim penilai juga dibuat takjub dengan kreasi tank tempur, jet tempur hingga meriam dengan moncong dari kukusan. Meski berbahan sederhana, kreasi mereka tampak mirip dan cukup unik.

“Kami juga kaget. Antusiasne warga luar biasa di kebayanan Popongan ini. Meski hadiahnya mungkin nggak seberapa, warga guyub rukun tiap malam lembur untuk membersihkan dan memperindah lingkungannya. Kalau nggak kompak, susah Mas bisa jadi indah begini,” ujar Kadus wilayah Popongan di sela mendampingi penilaian.

Baca Juga :  Penganiayaan Santri hingga Tewas di Sragen Jadi Sorotan Nasional, Luluk: Akhiri Kekerasan di Pesantren!

Ketua RT 9, Kartini misalnya. Ia menuturkan butuh waktu satu minggu untuk menggerakkan warganya kerjabakti memoles lingkungan RT-nya menjadi bersih dan kini berhiaskan lampu warna-warni.

“Saya kebetulan RT baru dan kami memang ajak warga kompak. Semua ditangani gotong royong. Semua hiasan pakai bambu milik warga sendiri. Lampunya kita ambilkan sebagian dari dana kas RT dan sebagian iuran sukarela. Alhamdulillah warga sangat kompak, bahkan mereka tiap malam habis Isya lembur untuk ngerjakan menghias lingkungan kadang sampai jam 23.00 WIB. Karena kalau siang mayoritas warga kami kerja di sawah. Harapannya semoga bisa dapat juara biar warga tambah semangat,” tutur Ketua RT perempuan itu.

Pos kamling perjuangan dengan replika TNI Polri andalan RT 20. Foto/Wardoyo
Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com