JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Meski Sudah Diumumkan Pemerintah, Namun 52 Persen Dokter Kurang Yakin dengan Vaksin Covid-19 Rusia

Ilustrasi positif corona. Pixabay
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Meski menyatakan sudah berhasil menemukan vaksin untuk Covid-19, namun Mayoritas dokter di Rusia merasa kurang nyaman menggunakan vaksin Covid-19 atau vaksin Sputnik V karena kurangnya data soal vaksin baru tersebut.

Diketahui, pemerintah Rusia telah mengumumkan vaksin Covid-19 Sputnik V sebagai pertama di dunia pada awal pekan ini.

Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, putrinya juga telah mendapatkan suntikan dari vaksin itu, yang akan mulai beredar pada akhir Agustus 2020.

โ€œSebanyak 52 persen dokter merasa kurang siap untuk memakai vaksin itu untuk diri mereka. Sedangkan 24,5 persen mengaku siap,โ€ begitu survei yang dilakukan Doctor Handbook, yang merupakan aplikasi mobile dan dilansir media RBC serta dikutip Reuters pada Jumat (14/8/2020).

Survei itu melibatkan 3.040 dokter dan pakar kesehatan. Hanya sekitar 20 persen responden mengatakan mereka akan merekomendasikan vaksin ini kepada pasien, kolega, dan teman-teman.

Persetujuan penggunaan vaksin Covid-19 itu ย keluar sebelum dilakukan uji klinis, yang biasanya melibatkan ribuan partisipan, atau biasa disebut Fase III.

Tahapan itu dianggap esensial sebelum calon vaksin mendapatkan persetujuan dari otoritas kesehatan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com