JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PDIP Lebih Akrab dengan PAN ketimbang Gerindra Hadapi Pilkada 2020

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto berbicara kepada wartawan usai membuka acara lokakarya di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin ( 9/7/ 2018) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan sampai saat ini partainya paling banyak berkoalisi dengan Partai Golkar dan paling sedikit bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Demikian dikatakan oleh Sekjend PDIP, Hasto Kristiyanto. Jika dirinci,menurut Hasto, PDIP juga terlihat lebih mesra dengan Partai Amanat Nasional (PAN) ketimbang Partai Gerindra.

Hasto menuturkan koalisi dengan Golkar terjadi di 46 daerah. Disusul kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (37 daerah), dan Partai Amanat Nasional (34 daerah).

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

“PAN pimpinan Pak Zulhas (Zulkifli Hasan) dan sahabat saya Pak Eddy (Eddy Soeparno, Sekjen PAN),” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (28/8/2020).

Selain itu, jelasnya, koalisi PDIP dengan Partai Gerindra terjadi di 33 daerah, Partai Demokrat (32 daerah), Partai Persatuan Pembangunan (19 daerah), dan PKS (13 daerah).

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Hasto menjelaskan, gambaran kerja sama dengan sejumlah partai politik itu sesuai dengan sejarah bangsa Indonesia dibentuk.

“Sehingga pemahaman sejarah bagi PDI Perjuangan juga tidak pernah berubah. Meskipun demikian, sesuai dengan fungsi utama partai, maka partai selalu mengedepankan proses kaderisasi yang berlangsung secara sistemik,” ucap dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com