JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Pantura

Pembangunan Akses Jalan Exit Tol Menuju KIT Batang Dikebut

Bupati Kabupaten Batang Wihaji. Istimewa

BATANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Batang melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung Kawasan Industri Terpadu (KIT) di wilayahnya.
Salah satu pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan jalan penghubung dari exit tol (pintu keluar) jalan tol menuju ke area KIT Batang.

Bupati Batang Wihaji, menyampaikan, pembiayaan pembangunan akses jalan pintu keluar (exit) tol menuju area KIT Batang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Realisasinya akan dibangun mulai Agustus 2020.

“Ditarget selesai pada Desember tahun 2020. Sedangkan pengerjaannya dimulai pada Agustus 2020,” kata Wihaji, Minggu (2/8/2020).

Baca Juga :  Gelar Konser Dangdut di Tengah Pandemi, Walikota Tegal Ditegur Ganjar

Wihaji meyakini dengan keterlibatan semua unsur baik Kementerian, BUMN, Pemerintah Provinsi Jateng, dan Pemerintah Daerah akan mempersingkat waktu pengerjaan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

“Untuk pembangunan industri beserta fasilitas pelengkap lainnya, akan dimulai pada awal 2021,” terang dia.

Ia juga membeberkan, ada beberapa industri yang akan dibangun di KIT Batang.
Industri tersebut di antaranya dari industri elektronik dari Panasonic, LG serta perusahaan farmasi, serta perusahaan BUMN. Dalam hal tersebut, Wihaji menjamin, dari Pemkab Batang memprioritaskan tenaga kerja lokal.

Baca Juga :  12 Anggota Polres Pekalongan Dinyatakan Kena Virus Corona

Sehingga masyarakat yang bekerja di KIT Batang dapat mengurangi jumlah angka pengangguran di daerah setempat.

Wihaji juga memastikan ketersediaan fasilitas bagi para buruh di KIT Batang seperti perumahan, hiburan, serta pendidikan politeknik.

“Pastinya masyarakat asli Batang tidak akan terpinggirkan dengan adanya pengembangan KIT Batang. Kami akan memprioritaskan tenaga kerja lokal. Hal ini sebagai bentuk keberpihakan saya pada masyarakat di daerah ini,” imbuh dia. Satria Utama