JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pesawat Prototipe N250 Rancangan BJ Habibie yang Bernama Gatotkaca Bakal Jadi Koleksi Museum Dirgantara di Yogyakarta

Pesawat N250 rancangan Presiden ketiga RI BJ Habibie di PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Rabu, 11 September 2019. Foto: TEMPO/Prima Mulia

JOGLOSEMARNEWS.COM Pesawat N250 rancangan Almarhum BJ Habibie akan dihibahkan ke Museum Pusat Dirgantara Mandala di Yogyakarta. Penyerahan itu akan dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia.

“Penyerahan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI untuk ditempatkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala,” demikian dikutip dari siaran pers PT Dirgantara Indonesia, Rabu (19/8/2020).

Pesawat N250 Gatotkaca merupakan satu dari dua prototipe pesawat, dari rencana empat prototipe pesawat yang dibangun PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN), saat ini PT Dirgantara Indonesia. Pesawat prototipe rancangan Habibie itu diberi nama Gatotkaca oleh Presiden Kedua RI, Soeharto

Baca Juga :  Pesan WA agar Remaja Tidak Keluar Rumah Bikin Warga Kulonprogo Resah

Pesawat N250 tersebut pertama kali diperkenalkan Habibie dalam ajang Paris Airshow, Le Bourget, Prancis.

Pesawat prototipe N250 Gatotkaca dirancang berkapasitas 50 penumpang selanjutnya muncul perdana saat roll-out, atau ditarik keluar dari hangar oleh 50 karyawan IPTN.

Pada 10 Agustus 1995 pesawat N250 Gatotkaca yang mendapat registrasi PX-XNG berhasil menjalani terbang perdana atau first-flight, dengan disaksikan langsung oleh Presiden Kedua RI Soeharto, beserta Wakil Presiden Try Sutrisno. Momen itulah yang kemudian mendasari ditetapkannya tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Pesawat N250 Gatotkaca tersebut saat ini tengah dalam proses penyerahan untuk selanjutnya menjadi koleksi museum Pusat Dirgantara Mandala.

Baca Juga :  Kampus yang Belum Siap Dilarang Gelar Pembelajaran Tatap Muka

“Penyerahan N250 PA01 Gatotkaca ke Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta sebagai bentuk menjaga aset negara karena mempunyai nilai historis yang tinggi dan merupakan sejarah berdirinya industri dirgantara sehingga masyarakat dapat melihat langsung Pesawat N250 Gatotkaca di museum,” dikutip dari rilis PTDI.

Pesawat N250 Gatotkaca tersebut telah dibongkar untuk kemudian dikirim melalui jalur darat dan akan dirakit kembali di Museum Pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Museum Pusat Dirgantara Mandala dijadwalkan akan menerima pesawat tersebut pada 25 Agustus 2020. Penyerahan pesawat tersebut rencananya akan disaksikan oleh Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, serta Direktur Utama PTDI.

www.tempo.co