JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Gowes Keliling Kebun Raya Bogor, Naik Sepeda Limited Edition Seharga Rp10 Juta. Ini Spesifikasinya

Presiden Joko Widodo saat bersepeda di area Istana Kepresidenan Bogor dan Kebun Raya Bogor, Sabtu (22/8/2020). Foto: Instagram/ jokowi

BOGOR, JOGLOSEMARNEWS.COM Di tengah kesibukannya sebagai kepala negara, Presiden Joko Widodo dikenal tak pernah lupa untuk berolahraga. Tak jarang Jokowi terlihat saat bersepeda, salah satunya pada akhir pekan ini, Sabtu (22/8/2020).

Jokowi dengan ditemani putra bungsunya, Kaesang Pangarep, berkeliling kawasan Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor dengan menggowes sepeda angin.

Sambil mengenakan jaket hitam, helm, dan masker, Jokowi mulai mengayuh sepeda dari Istana menuju Kebun Raya Bogor sekitar pukul 08.30 WIB. Di sepanjang perjalanan tak lupa ia sesekali melambaikan tangan dan menyapa warga masyarakat yang ditemuinya.

Presiden juga turut membagikan masker dan mengkampanyekan agar masyarakat selalu mentaati protokol kesehatan di tengah situasi pandemi corona saat ini.

Namun satu hal yang juga menarik perhatian adalah sepedan yang ditunggangi Jokowi saat itu. Eyang dari Jan Ethes dan La Lembah Manah itu memang diketahui mengoleksi sejumlah sepeda buatan dalam negeri.

Baca Juga :  Ramai Warga Jakarta Mengaku Dengar Suara Dentuman Keras, Polisi Lakukan Penelusuran: Suara dari Arah Pancoran

Jokowi pun sempat memamerkan sepeda koleksinya di akun Instagram miliknya. Salah satunya adalah yang dipakainya pagi ini.

Sepeda itu adalah sepeda lipat dengan merek Element. Namun sepeda miliknya bisa dikatakan cukup spesial karena merupakan edisi terbatas.

Presiden Joko Widodo menunjukkan koleksi sepedanya. Foto: Instagram/ jokowi

Sepeda lipat atau seli edisi spesial itu menampilkan gambar proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta di bagian rangka. Selain itu terlihat angka 1945, yang menandakan tahun kemerdekaan Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Element, sepeda bernama Foldx Lite, edisi Damn I Love Indonesia itu dibanderol dengan harga Rp10,6 juta. Model ini memiliki garansi frame selama lima tahun dengan bahan alloy yang terbukti ketahanan dan keamanannya saat digowes.

Sepeda yang dirilis pada Juli 2020 ini menggunakan rangka seri FoldX X-Lite yang memiliki frame dan fork berbahan alloy, shifter dan RD Sensah Empire 11 SP, serta ukuran ban 20 inci. Adapun rem depan dan belakang menggunakan Tekro Hydrolic Disk Brake.

Baca Juga :  Bawaslu Undang Partai-partai Untuk Bahas Protokol Covid-19

Secara keseluruhan, model ini didominasi oleh warna hitam pada bagian setang, sadel, dan pelek roda depan. Sementara itu, warna putih dan merah menghiasi bagian rangka serta rim ban belakang.

Daniel Mananta, pendiri Damn I Love Indonesia, menuturkan lewat unggahan di akun resmi Instagramnya bahwa sepeda hasil kolaborasi dengan Element Bike tersebut hanya diproduksi sebanyak 45 unit.

Produsen sepeda yang memiliki pabrik di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini memang memiliki sejumlah varian sepeda lipat. Rentang harga produk yang ditawarkan pun beragam meski tak semahal Brompton, yakni berkisar antara Rp2,9 juta hingga Rp10 juta-an.

www.tempo.co