JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Sektor Investasi Terus Tumbuh, PT CDS Asia akan Relokasi Pabriknya dari Tiongkok ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar pertemuan dengan President & CEO Alpan Lighting Danny Sooferian di komplek kantor Gubernur Jawa Tengah pada Senin (10/8/2020). Humas Pemprov
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sektor investasi baru kembali masuk ke Provinsi Jawa Tengah. PT CDS Asia (Alpan Lighting) bersiap merelokasi perusahaannya dari Tiongkok ke Jawa Tengah.

Berita tersebut tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat Jawa Tengah di tengah pandemi virus corona (covid-19). President & CEO Alpan Lighting Danny Sooferian pada Senin (10/8/2020) menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pertemuan serius tersebut digelar di Kantor Gubernur Jateng. Di sela pertemuan tersebut, Gubernur Ganjar Pranowo mengungkapkan, relokasi perusahaan tersebut merupakan berkah tersendiri di tengah pandemi.

“Pemprov Jateng siap membantu proses relokasi perusahaan termasuk penyediaan tenaga kerja,” ujar Ganjar.

Lebih detail, Ganjar menyebutkan, saat ini sejumlah sekolah-sekolah kejuruan yang bisa disesuaikan dengan permintaan perusahaan.

“Jadi kira-kira tenaga kerja seperti apa yg dibutuhkan bisa memesan pada sekolah kami. Sehingga nanti lulus bisa disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja perusahaan,” sambung Ganjar.

Baca Juga :  Tragis! Saat Bangunkan Warga untuk Sahur, Remaja Semarang Ini Disabet Celurit Preman

Ganjar sendiri menambahkan, pihaknya juga sudah menyampaikan pada Presiden Joko Widodo terkait bagaimana Jateng berkontribusi pada nasional untuk recovery saat pandemi. Salah satunya yakni melalui penanaman investasi semacam ini.

Saat ini di Jateng juga tengah menyiapkan beberapa kawasan industri baru. Selain itu juga terus melakukan komunikasi secara intensif ke sejumlah negara dan perusahaan terkait rencana investasi di Jawa Tengah.

Ungkapan tersebut langsung mendapat apresiasi oleh President dan CEO PT CDS Asia (Alpan Lighting), Danny Sooferian. Ia mengatakan tidak salah memilih Jawa Tengah yang begitu tanggap dengan kebutuhan perusahaan.

“Kami akan banyak merekrut tenaga-tenaga kerja potensial dan berkualitas di Jateng,” ungkap Danny.

“Ini karena Pak Gubernur yang memudahkan dan memfasilitasi perusahaan kami untuk bisa berinvestasi di Jawa Tengah. Kami berharap kebijakan ini dilanjutkan karena kami sudah sangat dibantu oleh tim bapak,” katanya.

Baca Juga :  Dua Santriwati Ponpes Manba'ul Alaa Korban Terseret Arus Banjir Grobogan Berhasil Ditemukan

Danny bercerita, sebelumnya ia telah melakukan survei ke sejumlah negara seperti Vietnam, Thailand dan Philipina. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut akan memindahkan pabriknya ke Kawasan Industri Wijaya Kusuma di Kota Semarang dan rencana mulai beroperasi akhir tahun ini.

“Dan akhirnya kami memilih Indonesia, terutama di Jawa Tengah. Alasan lebih khusus karena Jateng memiliki kapasitas pekerja yang bagus dan ada dukungan dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Nilai investasi Alpan Lighting diperkirakan mencapai US$14 juta dengan potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak 3.500 orang. Saat ini, Alpan Lighting sudah pada tahap konstruksi dan rencananya akan memulai produksi pada akhir tahun 2020. Nantinya seluruh hasil produksi di Indonesia ditujukan untuk diekspor. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com