JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

9.752 Mahasiswa UNS Dapat Keringanan UKT, Total Rp 37,3 Miliar

beasiswa uns
Bank Syariah Mandiri (BSM) memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang memperoleh medali di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32. Pemberian beasiswa dilakukan Area Manager BSM Solo, Zulfikar kepada Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo Selasa (3/9/2019). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memberikan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada 9.752 mahasiswa pada semester ganjil 2020/2021.

Total keringanan yang diberikan kepada mahasiswa tersebut mencapai lebih dari Rp 37 miliar. Terdapat 3 kategori keringanan, yakni pembebasan UKT hingga nol rupiah, keringanan regular, dan keringanan dampak Covid-19.

Dalam jumpa pers secara daring pada Jumat (7/8/2020), Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa pemberian keringanan tersebut diberikan kepada seluruh fakultas maupun Sekolah Vokasi (SV).

“Mahasiswa yang mendapat keringanan berjumlah 9.752 orang terbagi ke dalam tiga jenis atau kategori keringanan. Bebas UKT nol rupiah sebanyak 6.158 mahasiswa, kemudian keringanan regular diberikan untuk 1.671 mahasiswa, dan keringanan dampak Covid-19 sebanyak 1.923 mahasiswa yang tersebar di seluruh fakultas maupun Sekolah Vokasi. Total nilai yang diberikan UNS sebesar Rp 37,3 miliar,” paparnya, Senin (10/8/2020).

Baca Juga :  UNS GLAD Gelar International Sharing Session bersama UPM Buddies

Proses ajuan keringanan tersebut dilakukan melalui verifikasi yang ketat oleh pihak universitas. Mahasiswa mengajukan berkas seperti surat pengajuan, kartu rencana studi, pakta integritas, serta berkas-berkas pendukung lainnya secara daring melalui siakad.ac.id. Setelah mahasiswa mengunggah semua berkas, kemudian dilakukan verifikasi oleh fakultas dan universitas.

Saat ini UNS juga memperpanjang masa pengajuan keringanan UKT hingga 12 Agustus bagi mahasiswa yang belum mengajukan. Hal tersebut tertuang dalam pengumuman Nomor 1027/UN27/TU/2020 yang terbit pada Kamis (6/8/2020).

Baca Juga :  UMS Kirimkan Tiga Tim Robotic ke Kontes Robot Indonesia

Selain bantuan keringanan UKT dari universitas, UNS juga memperoleh kuota dari pemerintah melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Sebagai kepedulian kepada mahasiswa karena dampak Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan KIP Kuliah bagi mahasiswa yang terdampak. UNS mendapat kuota KIP Kuliah dan bantuan UKT dengan nilai Rp 2,4 juta tiap mahasiswa untuk satu semester,” terangnya.

Prof. Jamal menjelaskan bahwa UNS mendapat kuota 1.884 KIP Kuliah bagi mahasiswa baru yang akan kuliah di UNS tahun 2020. Kemudian bantuan UKT bagi mahasiswa semester 3 sebanyak 565 orang, mahasiswa semester 5 sebanyak 884 orang, dan mahasiswa semester 7 sebanyak 1.338 orang. Triawati PP