JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Setelah Libur Pandemi, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Operasikan Lagi KA Bandara YIA dan Berbagai KA Jarak Jauh

Tampilan Kereta Bandara di Stasiun Wojo, Purworejo, Jawa Tengah. YIA hanya berjarak sekitar 10 menit dari stasiun ini, dengan menggunakan Shuttle Bus DAMRI / tribunnews
Tampilan Kereta Bandara di Stasiun Wojo, Purworejo, Jawa Tengah. YIA hanya berjarak sekitar 10 menit dari stasiun ini, dengan menggunakan Shuttle Bus DAMRI / tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Setelah lima bulan libur beroperasi lantaran pandemi Covid-19, akhirnya mulai Minggu (23/8/2020), PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan kembali KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Pengoperasian kembali KA Bandara YIA relasi Yogyakarta – Wates – Wojo – Kebumen (PP) itu bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi Kereta Api menuju Kebumen serta mempermudah masyarakat yang akan menuju Bandara YIA menggunakan KA Bandara dari Stasiun Yogyakarta.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan, setelah sebelumnya KA Bandara YIA sempat berhenti beroperasi, namun mulai tanggal 23 Agustus 2020 KA Bandara dengan jadwal pemberangkatan pukul 08.35 dan 15.05 WIB dari Stasiun Yogyakarta akan dijalankan menuju Stasiun Wojo hingga Kebumen.

“Masyarakat dari Kebumen juga dapat menggunakan KA Bandara YIA menuju Wojo hingga Yogyakarta dengan jadwal pemberangkatan pukul 10.25 dan 17.40 WIB. Perjalanan KA ini merupakan perjalanan KA lokal sehingga penumpang tidak perlu Rapid Test Covid-19,” katanya dalam siaran pers yang diterima Tribunjogja.com, Sabtu (22/8/2020).

Baca Juga :  49 Mahasiswa Panitia PPSMB 2020 UGM Jalani Isolasi Covid-19

Eko Budiyanto menambahkan, selain mengoperasikan kembali KA Bandara YIA, beberapa KA andalan masyarakat Kota Yogyakarta dan Solo dari Daop 6 Yogyakarta juga kembali dijalankan.

Beberapa KA andalan tersebut antara lain; KA Jaka Tingkir relasi Purwosari – Pasar Senen, KA Progo relasi Lempuyangan – Pasar Senen, KA Lodaya relasi Solo Balapan – Bandung, KA Argo Lawu relasi Solo Balapan – Gambir, KA Gajahwong relasi Lempuyangan – Pasar Senen, KA Taksaka relasi Yogyakarta – Gambir, KA Taksaka Fakultatif relasi Yogyakarta – Gambir (Jalan Pada Tanggal 23 Agustus), KA Senja Utama Yogya relasi Yogyakarta – Pasar Senen, KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solo Balapan – Gambir (Jalan Pada Tanggal 23 Agustus), KA Argo Dwipangga relasi Solo Balapan – Gambir (PP)  serta berbagai KA lainnya yang sebelumnya terlebih dahulu telah dijalankan.

“Masyarakat diimbau dapat memantau ketersediaan tiket maupun kereta sesuai relasi yang diinginkannya terlebih dahulu melalui aplikasi KAI Access, Web kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya,” katanya.

Baca Juga :  Kampus yang Belum Siap Dilarang Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Eko Budiyanto turut mengimbau kepada para penumpang KA agar tidak perlu khawatir melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api serta selalu disiplin menerapkan 3M yang antara lainnya Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak untuk kenyamanan dan kebaikan bersama.

“Untuk penumpang diwajibkan juga membawa surat keterangan bebas covid-19, wajib memakai masker, suhu tubuh dibawah 37,3, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, pilek, dan sesak nafas),” imbuhnya.

Pelanggan KA Jarak Jauh juga diharuskan mengenakan Face shield yang telah disediakan secara gratis oleh KAI. Untuk peningkatan layanan PT KAI Daop 6 Yogyakarta bersama PT RNI juga menyelenggarakan layanan Rapid Test Covid-19 dengan harga terjangkau Rp 85.000,- di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan.

Layanan Rapid Test ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 s.d 19.00.

www.tribunnews.com