JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Unik, Ini Arti Nama Empat Cucu Presiden Jokowi, dari Jan Ethes Sampai Panembahan Al Nahyan

Presiden Joko Widodo bersama cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra. Foto: Instagram/ jokowi

JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden Joko Widodo kini memiliki empat cucu, setelah kelahiran anak kedua putrinya, Kahiyang Ayu, pada 3 Agustus 2020 lalu.

Presiden Jokowi yang merupakan ayah dari tiga orang anak memiliki empat cucu, dengan dua laki-laki dan dua perempuan. Keempat cucu Jokowi itu pun memiliki nama yang unik.

Siapa saja nama cucu Jokowi itu dan apa makna di balik pemberian nama-nama tersebut? Berikut ulasannya:

1. Jan Ethes Srinarendra

Jan Ethes Srinarendra adalah anak pertama dari putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bersama Selvi Ananda. Bocah lelaki ini lahir pada 10 Maret 2016 di RS PKU Muhammadiyah, Solo.

Untuk arti nama, Jan bermakna sangat, sedangkan Ethes berarti cekatan, dan Srinarendra berarti pemimpin yang cerdas.

Menurut Gibran, nama tersebut diberikan oleh sang ayah atau Jokowi. Di usianya yang baru 4 tahun, bocah yang kerap dipanggil Ethes ini kerap menarik perhatian dengan tingkahnya yang menggemaskan.

Baca Juga :  DPP PDIP Bakal Hukum Kader yang Langgar Protokol Kesehatan

2. Sedah Mirah Nasution

Sedah Mirah Nsution merupakan putri pertama dari pasangan anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Ia lahir di RS YPK Mandiri, Jakarta, pada 1 Agustus 2018.

Nama Sedah Mirah berasal dari bahasa Jawa yang berarti menawan, salihah, dan dermawan. Sementara, Nasution merupakan marga dari sang ayah.

Nama tersebut diberikan kedua orangtuanya yang memiliki harapan agar putrinya kelak menjadi seorang yang menawan, salihah, dan dermawan bagi orang-orang di sekitarnya.

3. La Lembah Manah

La Lembah Manah menjadi cucu ketiga Jokowi yang lahir pada 15 November 2019. Anak kedua pasangan Gibran dan Selvi itu lahir melalui operasi caesar di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Gibran menyampaikan arti Lembah Manah yang berarti rendah hati. Sedangkan, La adalah singkatan dari “luwes anakku, lomo anakku”.

Baca Juga :  Total Bantuan Rp146 Triliun Sudah Tersalurkan ke Masyarakat, Presiden Jokowi: Pelaksanaan Program Perlindungan Sosial Berjalan dengan Baik

Luwes dan lomo merupakan bahasa Jawa. Luwes bermakna fleksibel, cepat beradaptasi, sedangkan lomo bermakna dermawan atau senang berbagi.

Foto baru keluarga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang diunggah di Instagram. Foto: Instagram/bobbynst

4. Panembahan Al Nahyan Nasution

Cucu keempat Jokowi adalah anak kedua dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, yang lahir pada 3 Agustus 2020 lalu di RS YPK Mandiri Jakarta.

Bobby mengumumkan nama anak keduanya ini seminggu setelah kelahirannya, pada Senin (10/8/2020), melalui akun Instagram miliknya, @bobbynst.

Dalam unggahannya, Bobby tidak menerangkan makna dari nama yang diberikan kepada putranya, namun nama Panembahan memiliki arti raja atau yang dipertuan, yang bisa juga berarti pemimpin.

Sementara Al Nahyan, diambil dari Bahasa Arab yang berarti seseorang yang bijak. Sedangkan Nasution merupakan marga dari sang ayah. Liputan 6