JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Beberapa SMKN di Yogyakarta Mulai Pembelajaran Tatp Muka Terbatas

Tribunnews
   
Tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Beberapa SMK di Kota Yogyakarta telah memulai pembelajaran tatap muka dalam kondisi terbatas.

Hal itu dilakukan, merespon terbitnya Surat Edaran Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY yang satu poinnya menyatakan memperbolehkan SMK melakukan pembelajaran praktik secara tatap muka dan terbatas.

Satu di antaranya ialah SMKN 2 Yogyakarta yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka praktik per Rabu (23/9/2020).

Kepala SMKN 2 Yogyakarta, Dodot Yuliantoro mengatakan segala hal terkait persiapan dan pencegahan Covid-19 sudah dipersiapkan dan diantisipasi secara matang.

Di antaranya, siswa harus mendapat izin orang tua dan siswa harus berisiko kecil terhadap kemungkinan penularan Covid-19.

Sebelumnya, SMKN 2 Yogyakarta sudah mengeluarkan surat edaran berupa angket untuk menjaring izin dari orang tua dan menganalisa resiko penularan Covid-19 dari siswa yang akan tatap muka.

“Sampai kini berdasarkan data yang masuk sekitar 95 persen orang tua setuju putra-putrinya melaksanakan kegiatan belajar mengabar (KBM) tatap muka praktik. Jumlah tersebut meningkat dari yang sebelumnya hanya 84,7 persen orang tua yang setuju,” ujar Dodot saat ditemui di SMKN 2 Yogyakarta, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Sementara, menurut dia, sekitar 5 persen orang tua lainnya masih mengkhawatirkan terkait penularan Covid-19 saat anak berada di sekolah, sebelum, maupun setelahnya atau dalam perjalanan pulang.

Dodot menjelaskan, terdapat 2.285 siswa di SMKN 2 Yogyakarta yang terbagi menjadi 68 rombongan belajar (rombel).

Masing-masing rombel maksimal berisi 36 siswa.

Ia menambahkan, ada dua siswa SMKN 2 Yogyakarta yang telah melaporkan bahwa mereka memiliki orang tua berprofesi tenaga kesehatan.

Kepada kedua siswa tersebut, pihak sekolah menyarankan agar tetap melakukan pembelajaran secara daring.

Pembelajaran tatap muka praktik menerapkan 2 sif. Yakni sif pagi pukul 07.30-10.30 WIB dan sif siang pukul 12.30-15.30 WIB.

“Penyemprotan disinfektan kami lakukan setelah selesai sif pertama dan setelah sif kedua,” imbuh Dodot.

Dalam pelaksanaan praktik tatap muka ini, pihak sekolah memberlakukan syarat dalam satu sif hanya diikuti 1/3 dari jumlah sarana dan prasarana.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

“Jadi satu sesi hanya 1/3 dari sarana prasarana yang digunakan. Kira-kira ada 480 siswa secara keseluruhan dalam satu sif,” ungkapnya.

Dari pantauan Tribunjogja.com, terdapat tiga jalur masuk-keluar sekolah yang diterapkan untuk dilewati siswa.

Yakni, pintu utara, selatan, dan tengah yang masing-masing dilewati siswa berbeda.

SMKN 2 Yogyakarta juga menyiagakan 61 petugas patroli sekolah yang terdiri atas 40 personel gugus tugas Covid-19 dan 21 personel kesiswaan.

Petugas patroli bertugas menertibkan siswa di sekolah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Di sekolah yang terletak di Jalan AM Sangaji ini terdapat 9 kompetensi keahlian dan 7 program keahlian.

“Memang secara global kami capek, tapi SMK ini praktikum sudah menjadi rohnya. Setelah anak-anak pulang, tim patroli langsung berjaga di parkiran untuk menyuruh anak langsung pulang ke rumah. Begitu sampai di rumah, harus lapor ke walikelas,” tandas Dodot.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com