JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Geger Buku Modul SMP di Sragen Disusupi Soal Diduga Berbau Ajaran Komunisme, Aliansi Masyarakat Sragen Anti Komunis Demo di Depan Kantor Pemkab. Tuntut Guru Pembuat Soal Diusut Tuntas!

Massa dari Aliansi Masyarakat Sragen Anti Komunisme (Asmak) saat berdemo di depan kantor Pemkab sambil membentangkan spanduk memprotes beredarnya LKS SMP yang diduga disusupi soal bernuansa ajaran komunisme, Kamis (17/9/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sragen Anti Komunis (Amsak) menggelar aksi demo di depan kantor Pemkab, Kamis (17/9/2020) siang.

Mereka memprotes beredarnya modul belajar atau buku Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk siswa SMP yang berisi materi soal yang dinilai bernuansa ajaran komunisme. Pihak dinas dan Pemkab pun didesak segera mengusut tuntas munculnya soal bernuansa komunisme dan guru pembuatnya.

Aksi demo dipimpin oleh Mala Kunaefi, Ketua Front Pembela Islam (FPI) Sragen dan Ketua Amsak, Abu Umar. Tak hanya tokoh Islam, sebagian massa yang berdemo juga diketahui masih berusia pelajar.

Baca Juga :  Curi Perhatian, Potret Cantiknya Istri Jenderal Andika Perkasa Saat Belanja Batik di Sentra Batik Kliwonan Sragen

Massa yang memenuhi depan pintu gerbang Pemkab itu berdemo sambil membentangkan sejumlah spanduk berisi tuntutan mereka.

Di antaranya “Jangan Rusak Akidah Kami dengan Paham Komunis”, “Usut Tuntas Pembuat LKS yang Bermuatan Paham Komunis”, “Siswa Aset Bangsa Lindungi dari Paham Komunis”.

“Kami minta dinas dan Pemkab segera mengusut siapa guru yang membuat soal itu. Anak-anak Sragen jangan dididik paham komunis. Ribuan pesan WA masuk ke kami dan mendesak agar ini segera diusut tuntas. Jangan biarkan pendidikan disusupi paham komunis,” papar Ustad Mala Kunaefi saat menyampaikan orasinya.

Tokoh lainnya, Isnaini menguraikan buku modul belajar atau LKS yang memicu kontroversi itu adalah modul mata pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) untuk SMP kelas VII dan kelas IX tahun ajaran 2020/2021.

Baca Juga :  Ini Daftar 28 Kelompok Tani Sragen Penerima Bantuan Alsintan Traktor. Ingat 4 Kewajiban, Nekat Dijual Bisa Jadi Temuan!

Pada buku modul Kelas VII, muatan yang dipersoalkan ada di halaman 19 soal nomor 25. Sedangkan pada modul Kelas IX ada di halaman 13 soal nomor 22.

Pada dua soal itu, isinya pertanyaan pilihan ganda “Isi dari Ekasila, adalah…” Kemudian ada empat opsi jawaban a hingga d. Berturut-turut sosionasionalisme, gotong royong, sosiodemokrasi dan ketuhanan yang berkebudayaan”.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com