JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

KKN ISI Surakarta Bantu Desain Promosi Kampung Iwak Mentaos

Dok Pribadi
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi virus Corona tidak menghambat mahasiswa KKN dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta untuk melaksakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Salah satunya adalah M Shafrizal Fajar Maulana, mahasiswa S2, yang melaksanakan KKN di Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Meski lagi masa pandemi, namun KKN tetap dilakukan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. KKN berlangsung selama lsatu bulan.

“Program yang utamanya yang sesuai bidang ilmu yang ditekuninya saat kuliah, yaitu desain komunikasi visual berupa Perancangan Media Promosi Kampung Iwak Mentaos,” ujar Ahmad, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos ini memang telah lama dikenal dengan budidaya ikan air tawar dan dulunya disebut sebagai kampung mandiri perikanan.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Sebagai penanggung jawab Desa Wisata Kampung Iwak yang juga Kepala Kelurahan, yaitu Ahmad Rifa’i, SE menjelaskan bahwa  pertumbuhan dan peningkatan ekonomi lokal di kampung ini berpotensi meningkatkan pendapatan serta memberdayakan masyarakat di sektor kewirausahaan bidang perikanan.

Kegiatan KKN dimulai antara tanggal 10 Agustus – 30 Agustus 2020 ini dikondisikan dalam masa pandemi ini sehingga program kerja KKN tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rancangan desain promosi yang untuk diimplementasikan berupa desain poster, media poster lewat Instagram, dan merchandise.

M Shafrizal Fajar Maulana menjelaskan rancangan desain komunikasi visual yang dibuatnya disesuaikan dengan karakter dan tema lokasi di daerahnya.

Desain posternya untuk pelatihan budidaya perikanan, sedangkan desain medsos Instagram untuk template postingan acara, dokumentasi, dan konten wisata Kampung Iwak. Selanjutnya rancangan merchandise itu berupa totebag (goodiebag), mug, gantungan kunci dan t-shirt.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Ia berharap, program kerja KKN Daring ISI Surakarta dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Nuryanto, S. Kar., M.Sn itu punya manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurutnya, setiap program kerja dapat diterapkan sehingga mampu meningkatkan promosi kampung wisata dan meningkatkan kesejahteraan bagi warga Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. suhamdani

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mempromosikan Kampung Iwak sebagai kampung wisata melalui media cetak dan media digital.

Program kerja KKN Daring ISI Surakarta tahun ini sangat berbeda baik regulasi dan pelaksanaannya dikarenakan dampak Covid-19. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com