JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Naik Lagi, Pasien Positif Covid-19 Solo Tambah 12 Dalam Satu Hari, Total Jadi 683 Orang

Ilustrasi grafik kasus Covid-19. Pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Jumlah pasien positif covid-19 di Kota Solo bertambah 12 kasus dalam satu hari. Data tersebut dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo per Rabu (30/9/2020).

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani mengungkapkan, total jumlah pasien positif covid-19 di Solo per Rabu (30/9/2020) sebanyak 683 orang. Jumlah tersebut naik 12 kasus dari satu hari sebelumnya, 671 kasus.

“Beberapa diantaranya berasal dari Manahan dan Kadipiro. Dari 12 kasus baru tersebut, delapan kasus merupakan hasil tracing dari kasus positif sebelumnya. Sedangkan empat kasus lainnya merupakan hasil swab mandiri,” urainya, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga :  Dipimpin Nurdin Halid, Golkar Jawa Tengah Gelar Konsolidasi untuk Kemenangan Pilkada di 21 Daerah

Sementara itu, Pemkot Solo melalui Satgas Penanganan Covid-19 Solo terus gencar melakukan pencegahan penularan covid-19 di masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui operasi yustisi masker.

Melalui Perwali nomor 24 tahun 2020, sanksi diterapkan bagi masyarakat yang melanggar ketentuan dengan tidak memakai masker ataupun mengenakan masker dengan cara tidak benar. Sanksi membersihkan sungai selama 15 menit diberlakukan bagi pelanggar.

Baca Juga :  Wali Kota Solo Tak Larang Warganya Mudik Saat Libur Panjang, Asal Terapkan Ini

Sanksi tersebut kemudian ditingkatkan waktunya bagi pelanggar yang berasal dari luar kota yaitu selama 30 menit. Menurut Ahyani, peningkatan lama penerapan saksi tersebut dilakukan setelah melalui evaluasi dimana 60 persen pelanggar merupakan warga dari luar Kota Solo.

“Setelah evaluasi, langsung kita terapkan peningkatan waktunya itu. Sudah sekitar dua pekan ini diterapkan. Memang ada yang komplain, namun yang namanya peraturan tetap ada yang komplain. Namun sejauh ini masih lebih banyak yang menerima,” tukas Ahyani. Prihatsari