JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Nyawiji Akhirnya Digunakan Dalam Slogan Kampanye APK Paslon Harjo Maupun Josss di Pilkada Wonogiri 2020, Jika Ada Sengketa Dipersilakan ke Bawaslu

madu borneo
madu borneo
madu borneo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Akhirnya kata ‘nyawiji’ yang menjadi permasalahan dalam kampanye Pilkada Wonogiri 2020, digunkan kedua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati.

Baik paslon Hartanto-Joko Purnomo atau Harjo maupun Joko Sutopo-Setyo Sukarno alias Josss menggunakan kata nyawiji dalam slogan kampanye mereka. Sebagaimana diketahui Harjo mengusung Saiyek Saeko Kapti Nyawiji milih nomor siji, Josss memakai Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri.

Fakta penggunaan kata nyawiji disampaikan Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi. KPU ujar dia telah menerima desain alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) dari paslon Harjo maupun Josss. Akhirnya kedua paslon tetap menggunakan kata nyawiji pada APK ataupun BK.

Baca Juga :  Bantuan Uang Misterius 700 Ribu Perbulan Dengan Syarat Fotokopi KTP dan Pasfoto, Ditawarkan Kepada Warga Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Akhirnya Hal ini yang Terjadi

“Penyerahan desain APK dan BK maksimal lima hari setelah pengundian nomor urut dan hari ini kami telah menerima desain dari kedua paslon. Kedua paslon masih tetap menggunakan nyawiji,” ungkap Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi kepada wartawan, Selasa (29/9/2020) malam.

Menurut dia, pihaknya telah menerima desain dari kedua paslon, baik paslon nomor urut 1 Harjo maupun paslon nomor urut 2 Josss. Setelah menerima desain APK dan BK, selanjutnya KPU menerbitkan berita acara serah terima desain.

“Apabila ada sengketa kata nyawiji antar paslon, maka akan diselesaikan di Bawaslu,” jelas dia.

Baca Juga :  1143 KPM, ini Jumlah Penerima Bantuan Sosial Pangan di Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Penyalurannya Libatkan Tim Medis Hingga TNI Polri

Lebih lanjut Toto menyatakan, sesuai yang disampaikan oleh Bawaslu, ada dua mekanisme apabila ada sengketa terkait kata nyawiji itu. Pertama, sebelum berita acara dikeluarkan. Sengketa dapat dilakukan proses penyelesaian cepat oleh Bawaslu saat itu juga.

Kedua apabila sengketa dilakukan setelah diterbitkannya berita acara maka dilakukan sidang sengketa di Bawaslu. Penyampaian sengketa ke Bawaslu oleh paslon maksimal tiga hari setelah berita acara dikeluarkan.

Terpisah, Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub mengatakan belum menerima laporan sengketa yang diajukan paslon terkait kata nyawiji. Aria