JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

PSSI Pastikan Timnas U-19 Bakal Lanjutkan Pemusatan Latihan di Luar Negeri, Pilihannya Tetap di Kroasia atau Geser ke Turki

Timnas Indonesia U-19. Foto: pssi.org
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim sepakbola nasional Indonesia U-19 akan segera mengakhiri pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Kendati demikian, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memastikan bahwa skuat Garuda Muda akan tetap berada di luar negeri untuk melanjutkan program latihan selanjutnya.

Disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat ini pihaknya memiliki dia pilihan untuk Timnas U-19 yang kini tengah menjalani pemusatan latihan di Kroasia sejak akhir Agustus 2020 lalu. Untuk bulan Oktober, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong itu akan diberi pilihan melanjutkan pemusatan latihan ke Turki atau tetap di Kroasia.

“Sesuai arahan Pak Menpora, Timnas U-19 akan tetap berada di luar negeri setelah TC di Kroasia berakhir pada bulan September 2020. Kami bisa bergeser ke Turki atau masih di Kroasia,” ujar Iriawan dalam konferensi pers daring, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga :  Yoyok Sukawi Minta Pemerintah Bantu Pegiat Olahraga Tanah Air

Menurut pria yang biasa disapa Iwan Bule itu, PSSI saat ini terus berkomunikasi dengan otoritas Turki untuk mendapat izin menggelar latihan di sana. Namun, jika rencana berkegiatan di negara itu tidak dapat terlaksana, PSSI sudah mendapatkan lampu hijau untuk Timnas U-19 tetap berada di Kroasia. “Nantinya di Kroasia kami bisa mendapatkan lawan-lawan uji coba yang bagus,” kata Iriawan.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan bahwa pemerintah mendukung program Timnas U-19 di luar negeri. “Kami mendukung Timnas U-19 memperpanjang durasi di luar negeri. Kami juga melihat perkembangan para pemain semakin lama semakin positif,” tutur Zainudin.

Timnas U-19 yang dilatih Shin Tae-yong berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020 dan, sejak awal, PSSI menjadwalkan TC di sana hanya berlangsung satu bulan. Selama di Kroasia, Beckham Putra dkk telah menjalani tujuh pertandingan uji coba dengan hasil dua kali menang, dua kali seri, dan tiga kali kalah.

Baca Juga :  Hasil Uji Coba Timnas U-19 vs Makedonia Utara Berakhir Imbang 0-0, Skuat Garuda Muda Tak Mampu Mengulang Kemenangan

Terakhir, Timnas U-19 meraih kemenangan atas klub Dinamo Zagreb, dalam pertandingan yang digelar pada Senin (28/9/2020). Amiruddin Bagas dan kawan-kawan menaklukkan lawannya dengan skor 1-0.

TC Timnas U-19 di luar negeri menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan, setelah sempat ditunda akibat pandemi Covid-19. Selain itu, Timnas U-19 juga diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021 yang dijadwalkan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

www.tempo.co