JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas di Blora Terus Dipacu

Kepala DPPKB Blora Achmad Nurhidayat, SH, M.Si, MM. Istimewa

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Blora. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) terus bertekad mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Blora.

Kepala DPPKB Blora Achmad Nurhidayat, SH, M.Si, MM mengemukakan rebranding program dengan nama Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana) dengan mewujudkan kampung keluarga berkualitas itu merupakan arahan dari Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo, SP.Og (K).

“Sebagaimana arahan Kepala BKKBN pusat, maka kami bertekad membangun cara dan semangat baru dalam mewujudkan keluarga berkualitas melalui kampung KB,” kata Kepala Dalduk KB Blora, Achmad Nurhidayat, SH, M.Si, MMdi Blora, Senin (14/9/2020).

Menurut dia, di kabupaten Blora telah dibangun 169 kampung KB yang telah disinergikan secara lintas sektoral antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga terkait lainnya untuk mencetak keluarga yang berkualitas dan sehat.

Baca Juga :  Lakukan Aksi Pembacokan, Dua Pemuda Nikmati Dinginnya Sel Tahanan Mapolres Grobogan

Untuk mendukung program Kampung Keluarga Berkualitas, Pemkab Blora melalui Dalduk KB telah mengagendakan berbagai program pembangunan dalam rangka pengendalian kependudukan, stunting, ketahanan keluarga, penurunan angka kematian ibu dan bayi serta penurunan angka kemiskinan, untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif dan tidak ada yang tertinggal.

Di Kabupaten Blora, kata dia, sudah ada Kampung KB percontohan yakni di Desa Brumbung Kecamatan Jepon.

“Kami berharap ada juga Kampung KB percontohan di tingkat kecamatan,” terang Achmad Nurhidayat didampingi Kasi Pelayanan KB, Amida.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, 5,7 Juta Masker Dibagi Polda Jateng ke Masyarakat Secara Serentak. Kapolda Berharap Tak Ada Klaster Penyebaran Covid-19 Saat Pilkada!

Dikatakannya, keberhasilan program Kampung KB sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain komitmen kuat dari para pemangku kepentingan, intensitas opini publik tentang program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Termasuk optimalisasi fasilitasi dan dukungan mitra kerja/stakeholders, semangat serta dedikasi para pengelola program di seluruh tingkatan wilayah, baik itu petugas lapangan ataupun masyarakat,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Bupati Blora Djoko Nugroho meresmikan 11 Kampung KB di 11 Desa wilayah Kecamatan Todanan, Kamis (10/9/2020).

Sebanyak 11 Kampung KB yang diresmikan Bupati Blora adalah Kampung KB Desa Todanan, Kajengan, Karanganyar, Wukirsari, Sendang, Prigi, Kedungbacin, Ledok, Kembang, Gondoriyo, Candi. Satria Utama