JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Pencurian Sepeda Onthel di Masjid, Pelaku Pura-pura Berwudhu tapi Malah Gondol Sepeda saat Pemiliknya Sholat Isya Berjemaah

Ilustrasi sepeda. Foto: pixabay.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus pencurian sepeda angin terjadi di sebuah masjid di Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Modus yang dipakai, pelaku berpura-pura menjadi jemaah masjid yang hendak mengikuti sholat Isya berjemaah.

Insiden pencurian itu terjadi pada Kamis (3/9/2020) lalu, sekitar pukul 19.00 WIB, saat berlangsungnya shalat Isya’ berjemaah di Masjid Al-Anwar, lokasi kejadian.

Korban yang kehilangan sepeda miliknya adalah Anwar Sadat (48). Ia menyebut pelaku beraksi saat dirinya sedang menunaikan sholat Isya berjemaah, sementara pelaku hanya berpura-pura menjadi jemaah.

“Keterangan dari salah satu jemaah yang melihat, pelaku sempat buka sepatu dan pakai sandal masjid yang disediakan untuk mengambil wudhu,” kata Anwar di Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga :  Jadi Maling Spesialis Ponsel Kuli Bangunan, 2 Pria Ini Dibekuk Polisi

Pelaku juga mengenakan masker dan topi sehingga wajahnya sulit dikenali. Kemudian saat menuju tempat berwudhu, pelaku hanya sampai mendekati keran kemudian kembali menjauh.

Setelah memastikan seluruh jemaah sudah berada di dalam masjid untuk menjalankan sholat Isya, pelaku langsung kembali mengenakan sepatunya.

“Jadi enggak sampai ambil wudhu, hanya pura-pura saja. Setelah pakai sepatu dia jalan ke tempat sepeda saya diparkir. Setelahnya dinaiki dan langsung kabur,” ujarnya.

Baca Juga :  Jadi Maling Spesialis Ponsel Kuli Bangunan, 2 Pria Ini Dibekuk Polisi

Berdasarkan rekaman kamera CCTV milik masjid, Anwar menuturkan pelaku kabur ke arah Jalan Kalimalang menaiki sepeda merek United miliknya. Akibat aksi pencurian itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp1 juta.

Sementara itu kasus pencurian di Masjid Al-Anwar itu diketahui bukan baru pertama kali terjadi. Sebelumnya sudah pernah terjadi beberapa kali sepeda motor milik jemaah masjid yang dibawa kabur pencuri.

“Tahun lalu motor jemaah juga dicuri saat sholat Subuh. Padahal pas kejadian motor sudah dirantai. Kalau kasus saya ini ya memang lagi lengah istilahnya, karena memang enggak dirantai,” tutur Anwar.

www.tribunnews.com