JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Satu Anggota Brimob Solo Asal Sragen Positif Terpapar Covid-19. Tertular dari Temannya, Kini Diisolasi di RS Kasih Ibu Solo

Ilustrasi Kendaraan dan Personel Brimob Polri. Foto/Wardoyo
Ilustrasi Kendaraan dan Personel Brimob Polri. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penyebaran kasus corona virus atau covid-19 di Sragen terus meluas. Tak hanya kalangan masyarakat biasa dan tenaga medis, virus ini kini juga merambah ke anggota kepolisian.

Hal itu diketahui dari adanya salah satu anggota Brimob asal Sragen yang dilaporkan positif terpapar covid-19. Anggota itu bertugas di Brimob Surakarta dengan inisial MAF (26).

Fakta itu terungkap dari data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sragen kemarin. Anggota Brimob asal Kecamatan Tangen itu dinyatakan positif dari hasil swab yang keluar pada Selasa (1/9/2020).

MAF positif karena terlacak sempat kontak erat dengan temannya yang lebih dulu terkonfirmasi positif. Saat ini, MAF dirawat di di Ruang Isolasi RS Kasih Ibu Solo.

“Ada tambahan lima kasus terkonfirmasi positif hari ini. Hasil swab keluar dan mereka dinyatakan positif. Lalu ada tiga pasien sembuh,” papar Sekretaris Gugus Tugas, Tatag Prabawanto, Selasa (1/9/2020).

Kelima pasien itu berasal dari Karangmalang dua orang, sisanya dari Tangen, Kalijambe dan Sidoharjo. Dua pasien dari Karangmalang salah satunya adalah petugas linen atau laundry di RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen.

Sedangkan dua pasien dari Kalijambe adalah tracing dari pasien positif sebelumnya. Lantas pasien dari Sidoharjo diketahui punya riwayat perjalanan dari Jakarta.

“Sebagian positif dari hasil tracing dan kontak erat dengan pasien sebelumnya. Tapi ada juga yang PP dari Jakarta dan petugas RSUD dr Soehadi Sragen,” jelas Tatag.

Baca Juga :  Viral, Video Hajatan Mantu 2 Warga Sukodono Sragen Dibubarkan Paksa oleh Kapolsek dan Danramil. Padahal Menjelang Prosesi Temu Pengantin, Warganet: Bapak-Bapak DPRD, Wargamu Menangis!

Kabid P2L DKK Sragen, Sri Subekti menambahkan dari lima kasus itu, sudah langsung ditindaklanjuti dengan tracing kontak erat. Hasilnya, mereka yang terlacak kontak erat akan diswab tes besok, Rabu (2/9/2020).

“Sudah kita tracing hari ini. Tapi jumlah totalnya yang kontk erat, saya nggak hafal. Besok kita swab,” terangnya.

Dengan tambahan lima pasien positif meninggal hari ini, hingga petang ini jumlah kasus positif mencapai 222 kasus. Rinciannya 144 orang sudah dinyatakan sembuh, 18 orang meninggal dunia dan 60 orang sedang menjalani perawatan (45 Asimptomatik dan 15 Simptomatik).

Lantas ada 213 suspek covid-19 dengan dirawat sebanyak 21 orang, 159 sembuh dan 33 meninggal dunia. Selain itu ada 102 warga menjalani isolasi mandiri dan 410 kontak erat dengan pasien positif.

Di sisi lain, secara keseluruhan sudah ada 54 warga Sragen yang meninggal terkait covid-19.

Rinciannya, 18 pasien positif, satu pasien positif dan sembuh asal Sribit Sidoharjo, 33 suspek, satu ODP dan satu PP.

Dari 33 PDP atau suspek meninggal itu di antaranya dua dari Sragen Kota, dua dari Sidoharjo, tiga dari Mondokan, dua warga dari Sambirejo, tiga dari Sambungmacan, dua dari Sumberlawang, satu dari Masaran dan satu dari Plupuh.

Baca Juga :  Jangan Anggap Enteng, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri Sudah Mencapai Angka 252, Kasus Baru Berasal dari Pelaku Perjalanan

Kemudian enam suspek atau PDP asal Kecamatan Kedawung, tiga dari Tanon, dua dari Karangmalang, empat dari Gemolong, satu dari Gondang dan satu tambahan hari ini.

Lantas ada satu balita PP meninggal dari Desa Kedawung Kecamatan Kedawung dan satu ODP asal Jati Sumberlawang. Wardoyo

Berikut Daftar Pasien Positif Covid-19 Selasa (1/9/2020):

1. S (L, 32 tahun) Kec. Karangmalang. S sebelumnya dirawat di salah satu RS Swasta Sragen pada 25/8/2020 lalu dengan keluhan badan lemas, pusing dan demam. Kemudian menjalankan rapid test hasil reaktif dan dilanjutkan swab test dengan hasil terkonfirmasi positif.
2. P (P, 44 tahun) Kec. Karangmalang. P merupakan pegawai salah satu RS negeri Sragen.
3. S (L, 67 tahun) Kec. Kalijambe. S merupakan hasil tracing dengan pasien konfirm SA (Kalijambe).
4. S (L, 49 tahun) Kec. Sidoharjo. S mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta.
5. MAF (L, 26 tahun) Kec. Tangen. MAF hasil tracing / kontak erat dengan seorang temannya di Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19. MAF kini menjalani perawatan di Ruang Isolasi RS Kasih Ibu Solo.

Ada 3 pasien dinyatakan sembuh :
1. AS (P, 27 tahun) Kec. Karangmalang
2. SP (L, 28 tahun) Kec. Sragen
3. SM (P, 34 tahun) Kec. Masaran

Sumber: Gugus Tugas Covid-19