JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Setiap Kebijakan Hampir Selalu Dikritik dan Dihujat, Mahfud MD: Pemerintah dalam Posisi Serba Salah

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menkopolhukam Mahfud MD menyambangi Pulau Natuna, Kepulauan Riau pada Kamis (6/2/ 2020)/ tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menegaskan saat ini pemerintah nyaris selalu berada dalam posisi yang serba salah.

Hampir setiap kebijakan baru yang diumumkan oleh pemerintah, selalu disambut dengan kritik maupun hujatan.

Dengan adanya kenyataan itu, Mahfud menyebutnya dengan istilah ‘Demokrasi Serba Salah’.

“Saya sebagai pejabat pemerintah menyebut bahwa demokrasi yang sedang berkembang ini adalah demokrasi serba salah karena setiap apa yang dilakukan pemerintah selalu dianggap salah oleh kelompok tertentu,” ujar Mahfud Md dalam sebuah acara Webinar yang digelar oleh Erasmus Huis, Jumat (4/9/2020).

Baca Juga :  KPU Beri Waktu 14 Hari Bagi Pasangan Calon dalam Pilkada 2020 untuk Berkampanye Via Medsos

Menurut Mahfud, hampir setiap kebijakan pemerintah selalu mendapat kritikan dan hujatan.

“Cobalah saudara lihat, setiap hari kalau pemerintah mengumumkan apa, ada saja yang mengatakan wah itu salah, bahkan ada yang sangat kasar menyebut pemerintah bodoh,” ujarnya.

Baca Juga :  Arab Saudi Segera Buka Pintu untuk Ibadah Umroh, Kemenag Tunggu Rilis Daftar Negara yang Boleh Berangkatkan Jemaah

Kendati demikian, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menyadari bahwa berbagai kritik tersebut merupakan konsekuensi dalam kehidupan berdemokrasi. Perdebatan, kata Mahfud, menjadi sebuah keniscayaan.

“Keniscayaan dari sebuah demokrasi itu adalah pemencaran kekuasaan, rakyat berkuasa di ruang publik, pemerintah juga berkuasa. Oleh sebab itu, pemerintah harus tetap pada keputusannya agar negara ini selamat dan tetap dalam suasana demokrasi,” ujarnya.

www.tempo.co