JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Akui Video Klip Lagu Terbarunya ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ Mirip Video Klip Penyanyi IU, Via Vallen Minta Maaf: Jujur Aku Malu Banget

Tangkapan layar perbandingan video klip Via Vallen 'Kasih Dengarkanlah Aku' dan video klip IU 'Above The Time'. Foto: YouTube
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM Penyanyi dangdut Via Vallen akhirnya buka suara mengenai kabar yang menyebut video klip lagu terbarunya “Kasih Dengarkanlah Aku” mirip dengan video klip milik penyanyi Korea Selatan, IU. Melalui akun media sosial Instagram miliknya, Via Vallen mengakui adanya kesamaan konsep dalam video klipnya dan meminta maaf.

“Untuk IU, fans IU, dan vyanisty juga pihak yang merasa dirugikan, aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang muiriiiip sama dengan MV IU,” tulis Via Vallen dalam Instagram story miliknya, Sabtu (24/10/2020).

Via Vallen juga mengaku bahwa dirinya sama sekali tidak mengetahui jika konsep video klip untuk lagu terbarunya itu sama dengan video klip lagu “Above The Time” milik IU, yang telah lebih dulu diunggah pada November 2019 lalu.

“Ini sama sekali nggak ada unsur kesengajaan, karena aku bukan penggemar K-pop secara umum, jadi nggak banyak tahu soal MV K-Pop (kebanyakan MV K-Pop yang aku lihat Blackpink doang),” ungkap Via Vallen.

Via menambahkan, jika dirinya tahu sejak awal bahwa konsep yang ditawarkan sutradara untuk video klip miliknya itu ternyata sama dengan video klip lain, ia sudah pasti akan meminta untuk diganti. Via Vallen pun mengaku sangat malu setelah mengetahui kesamaan konsep video tersebut.

“Kalau dari awal aku tahu bahwa MV Kasih Dengarkanlah Aku plek ketiplek sama dengan MV orang lain, sudah pasti 100 persen minta ganti konsep. Jujur aku malu banget pas tahu,” imbuhnya.

Akan Diturunkan

Untuk langkah selanjutnya yang akan diambil, Via Vallen menegaskan akan meminta agar video klip lagu terbarunya itu untuk diturunkan. Ia juga menilai hal ini sebagai pengalaman dan pembelajaran bagi dirinya sendiri.

“Aku akan minta video klipnya di-takedown dan ini menjadi pembelajaran buat ke depannya biar nggak terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dari lubuk hati yang paling dalam aku minta maaf yang sebesar-besarnya,” pungkas Via Vallen.

Sebelumnya diberitakan, video klip lagu terbaru Via Vallen yang berjudul “Kasih Dengarkanlah Aku” resmi rilis di YouTube pada Jumat (23/10/2020). Video klip tersebut langsung menuai kritik netizen setelah menemukan banyak kesamaan konsep dengan video klip lagu “Above The Time” milik IU.

Menanggapi banyaknya kecaman yang muncul, pihak produser, Ascadamusik menjelaskan melalui kolom komentar bahwa manajemen hanya menerima seluruh konsep video klip dari sutradara.

Ascadamusik juga membela Via Vallen dan Dyrga yang disebutnya hanya sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut dan hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut juga tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep ide video klip.

Sehari setelah dirilis video musik lagu ‘Kasih Dengarkanlah Aku’ milik Via Vallen telah ditonton hingga lebih dari 100.000 kali. Sementara video klip ‘Above The Time’ milik IU yang rilis pada November 2019 lalu telah diputar sampai lebih dari 15 juta kali.