JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Batal ke Prancis, PSSI Bidik Jepang dan Belanda sebagai Lokasi Pemusatan Latihan Timnas U-19

Pemain Timnas U-19 saat melakoni pertandingan uji coba melawan Qatar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kamis (17/9/2020). Foto: pssi.org
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) saat ini masih mencari alternatif negara yang dapat menjadi lokasi menggelar program pemusatan latihan (TC) bagi Timnas U-19 selanjutnya. Negara-negara seperti Jepang dan Belanda pun sempat disebut sebagai opsi pengganti Prancis.

Sebelumnya, skuad Garuda Muda asuhan pelatih Shin Tae-yong itu sempat diagendakan untuk TC di Prancis pada bulan Desember 2020 hingga Januari 2021. Salah satu alasannya adalah ingin sekaligus berpartisipasi dalam turnamen sepakbola Toulon yang digelar di negara itu.

Namun kabar terakhir, turnamen tersebut dibatalkan karena meningkatnya kasus positif Covid-19 di wilayah Prancis selatan. Imbasnya, Timnas U-19 pun batal diberangkatkan ke Prancis dan kini PSSI serta tim pelatih Timnas U-19 harus memutar otak dan mesti menyusun ulang program pemusatan latihan.

Baca Juga :  Bhayangkara FC Berhome Base di Stadion Manahan, Solo Punya Wakil di Liga 1 2021

“Untuk program TC selanjutnya kami akan berdiskusi dengan pelatih Shin Tae-yong serta Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Kita akan mencoba ke negara lain, mungkin Jepang, Belanda, atau negara lain. Kita masih mencari,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat diskusi virtual, Selasa (27/10/2020).

Timnas U-19 sebelumnya telah menjalani program pemusatan latihan selama dua bulan di Kroasia, sejak 30 Agustus 2020 lalu. TC tersebut sebagai salah satu persiapan Garuda Muda untuk menuju ajang Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 di tahun 2021.

TC di Kroasia telah resmi selesai pada 26 Oktober lalu dan Timnas U-19 dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air, pada Selasa (27/10/2020) malam ini, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Selanjutnya tim akan langsung menginap di hotel di Jakarta untuk beristirahat, sebelum keesokan harinya kembali ke daerah masing-masing.

Baca Juga :  Waketum PSSI Sebut Liga Tetap Digulirkan Februari, Tapi Tunggu Vaksin Dulu

Selama dua bulan menjalani TC di Kroasia, Elkan Baggot dan kawan-kawan disebut telah mengalami perkembangan yang pesat. Hal itu terlihat dari hasil 11 laga uji coba yang telah dijalani Timnas U-19 di Kroasia, dengan lima kemenangan, tiga hasil seri dan tiga kekalahan.

“Alhamdulillah perkembangan pemain semakin baik. Bisa dilihat dari performa mereka yang meningkat pada setiap laga uji coba. Mereka harus menjaga terus performa, konsistensi dan jangan cepat puas,” ujar Mochamad Iriawan dikutip Tempo.co dari Antara.

www.tempo.co