JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dinilai Tak Konsisten, Pengamat: Partai Ummat Besutan Amien Rais Tak Akan Gerus PAN

Amien Rais mengumumkan nama Partai Ummat. Foto: YouTube/ Amien Rais Official
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Partai baru besutan Amien Rais, yakni Partai Ummat dipercaya tak akan menggerus suara Partai Amanat Nasional (PAN). Pasalnya, Amien Rais malah memilih nama partai yang jauh dari PAN.

Demikian diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

Dia menilai, Partai Ummat yang baru saja dideklarasikan tidak banyak mengganggu partai lama Amien Rais, PAN.

Menurut Pangi, Amien tidak konsisten dalam mendirikan partai baru. Alasannya partainya itu dulu disebut-sebut bernama PAN Reformasi namun saat dideklarasikan berganti menjadi Partai Ummat.

Baca Juga :  Polri: Ketua KAMI Medan Suplai Logistik Demonstran yang Menolak UU Cipta Kerja

“Kemarin menjelaskan soal PAN Reformasi dengan logo hampir mirip PAN. Itu justru bisa menggerus atau bisa membuat PAN terganggu, sama ketika dulu ada PDI dan lahir PDI Perjuangan, kan cukup mengganggu dan menggerus partai lama,” katanya saat dihubungi Tempo, Jumat (2/10/2020).

Pangi menuturkan perlu waktu untuk melihat apakah Partai Ummat ini benar-benar bisa mengganggu PAN atau tidak.

Baca Juga :  Hanafi Rais Kecelakaan di Tol Cipali, Mobilnya Ditabrak dari Belakang. Putra Amien Rais Itu Alami Luka Berat

“Cek ombak saja, apakah orang atau pengurus PAN berbondong-bondong ke partai umat,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, meyakini partainya akan tetap solid meski Amien Rais membentuk partai baru. Ia optimistis hanya sebagian kecil dari partainya yang akan bergabung dengan partai anyar bentukan besan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu.

“Pengurus dan kader PAN itu rasional dan berakal sehat, tentu akan mempertimbangkan hal tersebut dan tidak akan ikut dengan partai baru,” kata dia.

www.tempo.co