JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Faisal Basri: Perpu Reformasi Keuangan Tak Efektif Atasi Masalah Pandemi Covid-19

Pengamat ekonomi, Faisal Basri. Foto: Tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –ย  Perpu Reformasi Sistem Keuangan bukanlah jawaban untuk menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Ekonom senior dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri.

Faisal mengatakan, sektor keuangan saat ini masih solid. Sampai semester I-2020 sektor keuangan masih tumbuh positif yakni 6,48 persen meski di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Masinton Sebut Tak Ada Urgensinya Megawati Temui Presiden Jokowi

โ€œInstrumen apapun ditambah, mau Perpu sepuluh itu tidak akan mampu mengatasi kemerosotan ekonomi,โ€ kata Faisal Basri dalam diskusi daring Indef di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Faisal Basri mengatakan, perbankan saat ini secara umum mengalami kelebihan likuiditas, yang dapat disimak dari kenaikan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 11 persen pada Agustus 2020. Namun sebaliknya, ada juga bank kecil yang mengalami permasalahan likuiditas.

Baca Juga :  Baru Sehari Putusan MK Diumumkan, Ahmad Ali Datang Malam-malam ke Rumah Prabowo. Ada Apa? Katanya Tak Mewakili Nasdem dan Surya Paloh

Salah satu solusinya, kata dia, bank besar yang kelebihan likuiditas dapat memberikan pinjaman kepada bank kecil yang kekurangan likuiditas dengan skema penjaminan kepada industri perbankan.

โ€œDengan cara diperluas penjaminan ke perbankan tidak hanya kepada nasabah tapi juga antarbank,โ€ kata Faisal Basri.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com