JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Fakultas Pertanian Unisri Pacu Kualitas Pembelajaran Daring

Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi Covid-19 berdampak pada proses pembelajaran tatap muka secara langsung, bergeser menjadi pembelajaran dalam sistem dalam jaringan (Daring).

Penerapan pembelajaran daring ada sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, pembelajaran bisa dilaksanakan di mana saja, kapan saja, tanpa ada sekat jarak dan waktu.

Namun untuk perkuliahan yang melibatkan praktek di laboratorium dan di lapangan, seperti Fakultas Pertanian, yang harus terjun langsung pada lahan pertanian, maka perlu strategi khusus yang dipersiapkan agar pembelajaran tetap berjalan secara efektif.

Demikian diungkapkan oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Dr. Dewi Ratna Nurhayati, MP pada Sabtu (31/10/2020), sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Belajar Tatap Muka, PGRI: Basis Data Epidemiologi Harus Jadi Perhatian

Berbagai upaya telah dilakukan agar pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) bisa berjalan dengan efektif.

“Alhamdulillah pada semester gasal tahun 2020 ini Fakultas Pertanian Unisri mendapat hibah inisiasi pembelajaran Jarak jauh (PJJ) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen agar mereka dapat menyesuaikan dengan situasi saat ini, ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dewi Ratna Nurhayati, menjelaskan salah satu agenda kegiatan yang dilakukan adalah menyelenggarakan kegiatan workshop dengan menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. David Himawan, S.Ipkm, pada Senin (26/10/2020) yang lalu.

Baca Juga :  Pusdatin Kemdikbud RI Sidak SD Muhammadiyah 1 Ketelan dan Radio Solo Belajar

“Kami ingin belajar dari UMM yang telah lebih dahulu menerapkan PJJ, ” tandasnya.

Agar sharing PPJ itu juga bisa bermanfaat bagi Unisri secara keseluruhan, maka kegiatan workshop juga melibatkan
pimpinan di enam fakultas dan 14 program studi di Unisri.

“Harapan kami proses pembelajaran di lingkungan Unisri menjadi meningkat dan lebih baik, selama ada pandemi Covid 19 maupun tidak, sehingga mahasiswa berhasil dalam studi, memiliki semangat, rasa percaya diri, memiliki cita-cita masa depan yang jelas lebih baik, ” pungkasnya. suhamdani