JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Inspiratif, Serma Hadi Prayitno Babinsa Koramil Kismantoro Wonogiri yang Sukses Budidayakan Tabulampot, Masyarakat Sekitar Ikut Rasakan Penambahan Penghasilan Hingga Mampu Bangun Rumah

Serma Hadi Prayitno di antara tabulampot hasil budidayanya. Dok. Kodim 0728
   
Serma Hadi Prayitno di antara tabulampot hasil budidayanya. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jajaran Kodim 0728 Wonogiri tidak pernah kehabisan stok prajurit yang mampu menginspirasi banyak pihak. Prajurit-prajurit tersebut sukses menjadi teladan bagi masyarakat, salah satunya terkait pemanfaatan lingkungan sekitar hingga meningkatkan kesejahteraan warga.

Kali ini JOGLOSEMARNEWS.COM mengenalkan seorang Bintara yang berhasil dalam memanfaatkan pekarangan dan menambah pundi uang warga sekitarnya melalui budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot). Bintara ini adalah Serma Hadi Prayitno.

Dandim 0728 Letkol Inf Imron Masyhadi (kanan) melihat tabulampot budidaya Serma Hadi Prayitno. Dok. Kodim 0728

Mengawali karier di TNI-AD tahun 2002, lulusan SECABA PK TN-AD pemilik NRP 21020275431183 Serma Hadi Prayitno kini bertugas sebagai Babinsa di Koramil 20/Kismantoro, Kodim 0728/Wonogiri. Sebelumnya selama sekitar 11 tahun melaksanakan dinas di kesatuan Perhubungan Akademi Milter Magelang.

Kesuksesan itu berawal pada pertengahan 2016 dari menyalurkan hobi menanam tabulampot di halaman rumah dan di halaman Makoramil 20/Kismantoro. Awalnya sekadar memanfaatkan halaman kosong.

Baca Juga :  Halalbihalal dan Sambut Semangat Baru Menuju Satuan Pendidikan yang Membahana

Tidak disangka ternyata respon masyarakat sekitar wilayah binaan sangat luar biasa. Waktu terus berlanjut hingga kini, Serma Hadi mempunyai pekarangan pribadi seluas sekitar 1000 meter persegi yang ditanami berbagai macam tanaman buah.

Rabu (7/10/2020), Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, berkunjung ke Koramil 20/Kismantoro. Dandim menyempatkan waktunya untuk melihat-lihat kebun buah milik anggotanya tersebut. Rasa bangga Komandan Kodim semakin bertambah setelah mendengar semua penjelasan dari Serma Hadi.

Pasalnya, selain bisa menambah penghasilan hal tersebut ternyata mampu membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha kepada masyarakat di sekitar tempat berdinas.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

“Tim marketing online semuanya memberdayakan masyarakat di wilayah binaan, mulai dari kalangan siswa, pemuda/pemudi, ibu rumah tangga. Dari hasil berjualan online masyarakat bisa mendapatkan penghasilan tambahan bahkan bisa menabung dan membuat rumah. Di sisi lain grafik penjualan dari kebun saya semakin meningkat dan berkembang, sama sekali tidak mengganggu waktu dalam berdinas,” beber Serma Hadi Prayitno.

Dandim menyampaikan apresiasi sekaligus rasa bangga dan berharap, ketekunan dan kerja keras yang selama ini dilakukan dengan membuahkan hasil yang begitu besar bisa ditiru oleh anggota Kodim 0728/Wonogiri. Terutama untuk meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan waktu luang tanpa harus mengganggu kedinasan.

Letkol Inf Imron Masyhadi menambahkan, dengan ikut memberdayakan masyarakat setempat, diharapkan bisa lebih memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com