JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi: Penanganan Covid-19 di Indonesia Lebih Baik dari Negara Maju

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato untuk forum Sidang Umum ke-75 PBB, Rabu (23/9/2020). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah Indonesia jauh lebih baik menangani Covid-19 dibanding beberapa negara besar lain yang memiliki penduduk besar.

“Saya bisa memastikan penanganan Covid-19 di Indonesia tidak buruk, bahkan cukup baik. Saya hanya bicara fakta,” ujar Jokowi melalui pernyataan yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (3/10/2020).

Bila dibandingkan dengan negara-negara berpenduduk besar, kata Jokowi, kasus penyebaran dan tingkat kematian akibat Covid-19 di Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara dalam kategori yang sama tersebut.

Baca Juga :  Mendagri Wanti-wanti, Hoaks Covid-19 Bisa Dijadikan Modus untuk Saling Menjatuhkan antar Paslon dalam Pilkada

“Kalau Indonesia dibandingkan dengan negara kecil yang penduduknya sedikit, tentu perbandingan seperti itu tidak menggambarkan keadaan sebenarnya,” kata Jokowi.

Berdasarkan data terakhir per 2 Oktober misalnya, kata Jokowi, Indonesia berada pada posisi 23 di tingkat kasus positif Covid-19 dari semua negara-negara di dunia dengan jumlah sebanyak 295.499 kasus.

Baca Juga :  Moeldoko: Paradoks, UU Cipta Kerja Untungkan Mahasiswa Justru Ditolak

Di atas Indonesia, terdapat sejumlah negara yang juga berpenduduk besar dengan jumlah kasus yang terpaut jauh bila dibandingkan negara Indonesia.

Misalnya Amerika Serikat di peringkat pertama dengan 7.495.136 kasus, disusul India dengan 6.397.896 kasus, Brazil dengan 4.849.229, dan Rusia dengan 1.194.643 kasus.

www.tempo.co