JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Lagi Ngetren sampai Dihargai Jutaan Rupiah Per Daun, Ini 5 Tips Cara Merawat Janda Bolong

Ilustrasi tanaman hias janda bolong.

JOGLOSEMARNEWS.COM Tren tanaman hias belakangan kembali marak. Kali ini, tanaman yang banyak menjadi incaran adalah Monstera adansonii atau yang di Indonesia dikenal dengan nama Janda Bolong.

Monstera adansonii merupakan tanaman tropis dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman dengan daun berbentuk hati dan berlubang-lubang ini sangat mudah tumbuh dan bisa merambat jika diberi penyangga.

Belakangan tanaman hias ini banyak digemari hingga harga jualnya pun melambung tinggi. Bahkan ada yang sampai bernilai jutaan rupiah dan dihargai per daun. Menilai harga jualnya yang tinggi, lantas bagaimana perawatan tanaman ini?

Dilansir Tempo.co dari the spruce, tanaman hias yang sedang populer ini ternyata cenderung mudah dirawat karena tidak memiliki masalah serius. Penyakitnya sama saja dengan kebanyakan hias, yakni berupa kutu daun, kutu putih, thrips, sisik, atau tungau laba-laba terkadang bisa menjadi masalah. Berbagai hama tanaman ini bisa dibasmi dengan insektisida biasa.

Berikut ini sejumlah tips cara merawat janda bolong, mulai dari pencahayaan hingga budidayanya:

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Jumat 20 November 2020: Aquarius Akan Merasa Kelelahan, Scorpio Akan Memahami Arti Keluarga

1. Pencahayaan
Di tempat asalnya, tanaman ini tumbuh di bawah naungan pepohonan. Oleh karena itu, tanaman ini paling baik diletakkan di bawah sinar matahari tidak langsung. Jika sinar matahari langsung tidak dapat dihindari, batasi pemaparan hanya pada dua hingga tiga jam sinar matahari pagi setiap harinya.

2. Tanah
Ketika dijadikan tanaman hias, janda bolong banyak ditanam di pot. Tanaman ini paling baik berkembang di tanah berbasis gambut dalam pot yang memiliki lubang drainase yang besar. Gambut membantu menahan kelembapan di dalam tanah tanpa membuatnya tergenang air. Untuk pertumbuhan yang kuat, jaga agar tingkat pH tanah antara 5,5 hingga 7,0.

3. Penyiraman
Yang paling penting untuk diperhatikan dalam menyiram tanaman hias ini adalah jangan biarkan tanah sampai kering. Sebelum menyirami tanaman ini, cek terlebih dahulu seberapa basah atau keringnya tanah tersebut dengan memasukkan jari ke tanah. Jika tanah hampir kering, sirami.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Rabu 18 November 2020: Leo Merasa Lebih Bebas, Virgo Perlu Introspeksi Diri

4. Temperatur
Monstera adansonii tumbuh subur pada kelembaban tinggi, musim hujan, dan suhu tinggi. Semakin dekat dengan kondisi alami tanaman, semakin baik pula tanaman hias ini bertumbuh. Kamar mandi atau dapur yang terang, hangat, dan lembab bisa jadi tempat yang baik untuk meletakkan pot janda bolong.

5. Pembudidayaan
Selain perawatannya yang mudah, janda bolong juga menarik untuk dibudidayakan. Caranya bisa melalui stek batang dengan hormon perakaran. Tanam stek di media tanam dan jaga agar tetap hangat dan terlindungi sampai muncul pertumbuhan baru. Stek juga bisa dilakukan hanya dengan memasukkan ujungnya ke dalam air selama beberapa minggu. Setelah jaringan akar muncul, tanam stek di tanah pot.

Monstera adansonii merupakan satu dari 41 spesies dalam genus Monstera. Semuanya berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, beberapa spesies kemungkinan besar kini telah punah di habitat aslinya.

www.tempo.co