JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Miris Lihat Warga Jenar Sragen Konsumsi Air Galian Sungai Yang Asin dan Keruh, Elemen Pemuda Karangkulon Desa Kecik dan Joglosemarnews.com Tergerak Galang Donasi. Bantu 4 Tangki Air Bersih, Warga Mengaku Sangat Terbantu

Warga Banyurip Jenar saat antri droping bantuan dari elemen pemuda dan Karang Taruna Dukuh Karangkulon Kecik serta Joglosemarnews.com, kemarin. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Krisis air bersih berkepanjangan di wilayah Sragen Utara terus menggerakkan sejumlah elemen masyarakat untuk menggalang empati.

Salah satunya ditunjukkan elemen Karang Taruna Dukuh Karangkulon, Desa Kecik, Tanon, Sragen.

Bersama JOGLOSEMARNEWS.COM dan beberapa elemen lain di dukuh setempat yang tergabung dalam K-West Mania, Karang Taruna itu menggalang donasi untuk menyalurkan bantuan air bersih.

Ada empat tangki air bersih yang disalurkan ke salah satu wilayah terparah krisis air bersih yakni di Desa Banyurip, Kecamatan Jenar.

Di desa ini, warga sudah berbulan-bulan harus berjibaku mencari sumber air akibat kekeringan berkepanjangan. Tak hanya jarak yang jauh, mereka juga terpaksa mengonsumsi air galian dari belik yang asin dan keruh.

Mae Pipit (40) salah satu warga Genengsari RT 16, Banyurip, Jenar mengaku sangat senang bisa dibantu air bersih dari K-West Mania Dukuh Karangkulon, Kecik.

Baca Juga :  Punya Harta Rp 3,4 Miliar, Cawabup Sragen Suroto Tercatat Tak Punya Aset Kendaraan Apapun Baik Motor Maupun Mobil. Kok Bisa?
Foto/Wardoyo

Adanya bantuan air setidaknya bisa mengurangi bebannya dan warga yang selama ini kesulitan air. Ia menuturkan setiap hari harus mencari air di belik bekas sungai yang mengering dengan kondisi yang keruh.

“Itupun jaraknya jauh Mas. Rasanya juga asin. Makanya kami senang sekali dibantu air ini. Mudah-mudahan selaku diberi rejeki lancar untuk Mas-mas karang taruna yang sudah bantu kami,” paparnya seusai menerima droping air, kemarin.

Ia menuturkan ada sekitar 76 KK yang selama ini mendiami RT 16 dan 17. Sejak kemarau tiba, puluhan KK itu praktis hanya mengandalkan droping karena tak kuat beli air.

Sementara, koordinator baksos dari K-West Mania bersinergi, Sriyono mengatakan aksi sosial baksos itu digagas atas keprihatinan kalangan muda dan karang taruna di Karangkulon, Kecik.

Baca Juga :  Tergerak Lihat Derita Warga di Wilayah Krisis Air, Sekelompok Anak Muda Sragen Rintis Komunitas Air untuk Indonesia. Langsung Buka Donasi, Salurkan 8 Tangki Air Yang Disambut Suka Cita

Dari keprihatinan itu kemudian muncul ide mengumpulkan donasi untuk menyumbang air bersih. Setelah terkumpul dana, kemudian diwujudkan dalam 4 tangki air bersih yang disalurkan berkoordinasi dengan BPBD Sragen.

“Baksos hari ini ada tiga tangki disalurkan ke RT 16 Genengsari dan satu tangki ke RT 17, Genengsari Banyurip,” terangnya.

Ia menambahkan donasi itu tergalang dari beberapa elemen muda di Karang Kulon. Mulai dari K-West Mania, KWS, dari Karang Taruna, serta donasi dari beberapa warga Beni dan Suhardi dari Sulawesi, serta dari JOGLOSEMARNEWS.COM .

“Harapannya mudah-mudahan apa yang dilakukan rekan-rekan kami semua, bisa bermanfaat dan meringankan beban warga di wilayah kekeringan yang kesulitan mendapat air bersih,” tandasnya. Wardoyo