JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Muncul Klaster Ponpes di Temanggung, Satgas Percepatan Percepatan Covid-19 Pantau Ponpes Terkait Protokol Kesehatan

Fasilitas cuci tangan di sebuah pondok pesantren di Temanggung. Foto: Humas Pemkab Temanggung
madu borneo
madu borneo
madu borneo

TEMANGGUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Satuan Tugas (satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung kembali mengoptimalkan pembinaan ke pondok pesantren (Ponpes) setelah munculnya klaster ponpes. Langkah ini dilakukan agar tidak ada lagi klaster baru di pondok pesantren yang lain.

Dalam keterangan tertulis kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sekretaris 2 Satgas Percepatan Covid-19, Joko Prasetyono mengatakan, pembinaan akan dilaksanakan lebih intensif lagi pada pondok yang ada di wilayah kerjanya. Penerapan protokol kesehatan mutlak wajib dilakukan oleh ponpes-ponpes di Temanggung.

Baca Juga :  Banyumas Mulai Longgarkan Pembatasan Setelah Kasus Covid-19 Tunjukkan Penurunan

“Kita memastikan bahwa pondok pesantren mutlak harus menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Bupati dan Surat Edaran dari Kementrian Agama RI,” jelas Joko disela kunjungan ke Pondok Pesantren Darul Atsar Salamsari Kedu, rabu (7/10/2020).

Dia menegaskan, jika dalam protokol Kesehatan yang ada di pondok ditemukan kekurangan, maka Satgas Covid-19 Kecamatan wajib melakukan pembinaan dan evaluasi agar protokol Kesehatan di tempat itu bisa sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga :  Atasi Covid-19, Pemkab Brebes Kembali Galakkan Tes Swab

“Jika ada kekurangan maka kewajiban satgas kecamatan dalam hal ini Puskesmas untuk melakukan pembinaan dan memenuhi supaya sesuai dengan protokol kesehatan yang memang harus dilakukan.,” tegasnya.

Dia memastikan kepada seluruh pondok pesantren ini akan terus dilakukan pemantauan oleh Satgas Covid-19. Gerak cepat dilakukan agar tidak ada lagi penyebaran COVID-19 di lingkungan Pondok Pesantren. */Marwantoro