JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Pandemi Covid-19, Tak Perlu Takut Kontrol ke Rumah Sakit

ilustrasi / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masa pandemi Covid-19, membuat banyak orang khawatir untuk periksa atau kontrol kesehatannya ke rumah sakit. Terlebih jika memiliki penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh lemah.

Maksud hati hendak mencegah tertular Covid-19, namun salah-salah kondisi malah bisa bertambah parah.

Ada beberapa penyakit kronis yang membuat daya tahan tubuh lemah, yakni diabetes melitus, gagal ginjal, kanker, penyakit autoimun, HIV AIDS, penyakit jantung, penyakit paru, dan usia tua.

Dokter spesialis penyakit dalam Decsa Medika mengatakan, banyak orang dengan penyakit kronis takut berobat, apalagi ke rumah sakit, padahal sebetulnya ada beberapa bahaya yang mengintai.

Baca Juga :  Kapan Masker Kain Harus Diganti yang Baru? Ini Tanda-tandanya

“Tidak kontrol maka dokter tidak dapat memonitor penyakitnya, adanya penundaan terhadap penanganan awal suatu penyakit, mengakibatkan kesakitan atau kematian, persediaan obat kronis di rumah yang habis sehingga memperburuk kondisi sakitnya dan abai terhadap kepatuhan minum obat dan gaya hidup sehat, penyakit bisa tambah berat,” katanya.

Dampak yang ditimbulkan dari dilema ini adalah memburuknya penyakit kronis dan kemungkinan terpapar Covid-19 sehingga ada beberapa hal yang harus dilakukan, yakni dengan tetap melanjutkan pengobatan yang biasa diminum, memastikan persediaan obat selama 30 hari terpenuhi, telepon rumah sakit yang menyediakan jasa teleconference, atau gunakan aplikasi telemedicine dan jangan tunda ke rumah sakit jika memang ada gejala yang mengkhawatirkan.

Baca Juga :  Ternyata Olahraga Lari Tidak Boleh Dilakukan Setiap Hari, Apa Alasannya?

“Pastikan tetap sehat dengan melakukan pola hidup sehat, yakni tetap aktif, kelola stres dengan baik, tidur yang cukup, tetap menjalankan protokol kesehatan, dan jika ada masalah kesehatan serius jangan ragu untuk ke rumah sakit,” jelasnya.

www.tempo.co