JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Gelar Webinar Dalam Rangka Hari Santri 2020, Terkait Kebersihan dan Keindahan Ponpes ini Layak Dicontoh

Webinar memperingati Hari Santri 2020 di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri. Dok. Ponpes Al Barru
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

IMG 20201022 WA0026
Webinar memperingati Hari Santri 2020 di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri. Dok. Ponpes Al Barru

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Barru Bulusulur Wonogiri, menggelar webinar dalam rangka memperingati Hari Santri 2020 bertajuk ‘Santri Sehat Indonesia Kuat’ di aula ponpes di Desa Bulusulur Wonogiri, Kamis (22/10/2020).

Seminar online itu juga diikuti sekitar 400 peserta. Ratusan orang itu tersebar di 10 studio mini di Wonogiri.

Seminar online menghadirkan sejumlah pembicara. Di antaranya Kepala Kemenag Kabupaten Wonogiri melalui Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Sarwono, Kepala Puskesmas Wonogiri l Pitut Kristiyanta Nugraha, dan Ketua STAIMAS Wonogiri Tri Gunawan Hadi. Webinar dipandu Ketua Yayasan Al Barru Wonogiri Joko Santoso.

Dilaporkan Ketua Ponpes Al Barru Ustadz Agung Susanto, selain webinar pihaknya juga mengadakan semaan Alquran yang melibatkan ratusan santrinya. Menurut dia motto Hari Santri tahun 2020 ini yakni Santri Sehat Indonesia Kuat sangat relevan dengan kondisi santri kami saat ini.

Baca Juga :  Waduh Oknum PNS/ASN Kades dan KPPS di Wonogiri Diduga Ikut Hadiri Konsolidasi Salah Satu Paslon di Kecamatan Giritontro, Akhirnya Jadi Temuan Bawaslu

“Di tengah pandemi Covid kami tetap mengajarkan Alquran dan Sunnah sesuai protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujar Ustadz Agung.

Menurut Kasi Pakis, keberadaan Ponpes maupun santri Al Barru Wonogiri sangat dibutuhkan bangsa dan negara khususnya Pemkab Wonogiri. Soalnya, dari 28 ponpes yang ada alumni ponpes Al Barru tidak hanya menguasai spiritual namun juga intelektualnya. Jika kedua ilmu itu dimiliki, kata Sarwono, santri yang bersangkutan akan mempunyai kepekaan sosial yang tinggi.

Kepala Puskesmas Wonogiri l Bantarangin memiliki penilaian yang spesifik terhadap ponpes Al Barru. Bukan bermaksud menyudutkan pondok lainnya, tapi Ponpes Al Barru menurut dia terkait kebersihan dan keindahan layak dicontoh karena bersih dan rapi.

Baca Juga :  Alhamdulillah Lur, Desa Tlogoharjo Kecamatan Giritontro Wonogiri Pada 2021 Bakal Bebas Kekeringan, ini Dia Penyebabnya

Pihaknya juga menyebutkan ponpes yang kini memiliki sekitar 160 santri sudah menerapkan pembelajaran sesuai protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

Sementara, Ketua STAIMAS, Tri Gunawan Hadi di depan peserta Webinar mengapresiasi acara yang dilakukan jajaran Ponpes Al Barru. Pihaknya membuka diri jika ponpes ini siap mencetak santri-santri yang alim, akhlakul karimah serta mandiri melalui program Tri Sukses. Pihaknya siap berkolaborasi dnehan Al Barru untuk mewujudkan mubaligh yang sarjana atau sarjana yang mubaligh. Aria