JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sariawan Pada Anak Banyak Penyebabnya, Tapi Ternyata ini yang Paling Sering

Ilustrasi sariawan. Republika

JOGLOSEMARNEWS.COM Sariawan merupakan penyakit yang bisa dialami oleh setiap orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dokter spesialis anak, dr Herwanto SpA mengatakan, ada banyak penyebab sariawan pada anak, namun yang paling sering adalah idiopatik atau tidak diketahui sebabnya.

Menurut Herwanto, penyebab sariawan yang paling sering adalah trauma, misalnya terbentur. Tergigit, penggunaan sikat, dan kawat gigi juga bisa memunculkan sariawan.

Baca Juga :  Makanan Enak ini Kaya Vitamin D

Tak hanya itu, makanan asam juga bisa sebabkan sariawan. Tapi bukan berarti setiap konsumsi makanan asam, muncul sariawan. Meskipun enak, makanan asam memberikan risiko tinggi sariawan.

“Bila anak mengonsumsi makanan yang bersifat iritatif, asam, pedas, dan berbumbu juga berempah, segera minum banyak dan jangan lupa jaga kebersihan rongga mulut,” ujar Herwanto dalam webinar dengan tema “Kenali Sariawan Bayi dan Anak-Anak”, yang diselenggarakan oleh Kalbe, Kamis (15/10).

Baca Juga :  Sariawan, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Herwanto menjelaskan, alergi juga bisa sebabkan anak sariawan. Gejalanya biasanya sariawan tidak terjadi hanya sekali-kali, namun berulang.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com