JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Tingkatkan Pelayanan ke Pelanggan, PT KAI Serahkan Pengelolaan Kereta Lokal Prameks ke PT Kereta Commuter Indonesia

Tampilan baru KA Prambanan Ekspres (Prameks). Foto: Joglosemarnews/Prihatsari
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menyerahkan pengoperasian kereta api lokal untuk Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta dan Daop I Jakarta kepada anak perusahaannya, PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter). Penyerahan tugas pengelolaan tersebut dilakukan PT KAI demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kereta api lokal.

“Kami mengharapkan KAI Commuter mampu menerapkan standar layanan yang tinggi sebagaimana selama ini sudah berhasil diterapkan pada layanan KRL Commuterline,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, Kamis (1/10/2020).

Selama ini KAI Commuter telah mengelola layanan KRL Commuter Line di Jabodetabek dengan melayani hingga 1 juta pelanggan per hari sebelum pandemi Covid-19.

Dengan ditambahkan kereta lokal di Yogyakarta dan Jakarta, maka KAI Commuter kini juga akan mengelola KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang melayani jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan PP, dan KA Lokal Merak Jaya relasi Rangkasbitung-Merak PP.

Didiek menjelaskan standar layanan dari KAI Commuter terbukti dapat meningkatkan jumlah pelanggan dari waktu ke waktu, serta indeks kepuasan pelanggan yang trennya semakin membaik. Pada masa pandemi ini, kata dia, KAI Commuter juga masih melayani ratusan ribu pengguna Commuter Line per hari namun dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Pengelolaan KA Lokal oleh KAI Commuter ini juga bentuk dorongan KAI kepada KCI untuk melakukan ekspansi ke luar wilayah Jabodetabek sesuai dengan perubahan nama menjadi Kereta Commuter Indonesia pada 2017 dari sebelumnya KAI Commuter Jabodetabek,” lanjut Didiek.

Selanjutnya di wilayah Daop VI Yogyakarta, KAI juga mendukung program elektrifikasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Dalam waktu dekat, dengan selesainya elektrifikasi, KRL akan melayani Yogyakarta hingga Klaten dan selanjutnya Solo.

“Kami siap menerima penugasan dari KAI. Selama masa awal pengelolaan kereta lokal oleh KAI Commuter, petugas di stasiun maupun di dalam kereta senantiasa melakukan sosialisasi tata tertib serta aturan yang berlaku,” kata Direktur Utama KAI Commuter, Wiwik Widayanti.

Pada tahap awal, penumpang kereta api lokal akan dilayani oleh petugas yang lebih lengkap dengan kehadiran petugas pengawalan kereta (Walka) dan passenger service. Walka bertugas menjaga ketertiban dan keamanan di dalam kereta selama perjalanan. Sedangkan passenger service akan memberi layanan informasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya dari pelanggan.

Dengan melimpahkan pengelolaan kereta api lokal kepada KAI Commuter, PT KAI akan berfokus pada pelayanan kereta jarak jauh serta bisnis angkutan barang dan non-angkutan di wilayah tersebut.

Pada masa normal, penumpang kereta KA Prameks dapat mencapai 10.000 pelanggan per hari dan KA Lokal Merak Jaya mencapai 7.000 pelanggan per hari. Di masa pandemi Covid-19 ini, rata-rata pelanggan per hari adalah 3.000 pelanggan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com