JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Sudah Masuk Bulan Oktober, Timnas U-19 Indonesia Dipastikan Masih Lanjut Latihan di Kroasia

Pelatih Shin Tae-yong memberikan pengarahan kepada pemain Timnas U-19. Foto: pssi.org

KROASIA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim nasional sepakbola Indonesia U-19 dipastikan memperpanjang masa tinggalnya di Kroasia. Skuat Garuda Muda akan melanjutkan program latihan di bawah pelatih Shin Tae-yong.

Timnas U-19 sudah lebih dari sebulan berada di Kroasia. Tiba sejak akhir Agustus lalu untuk menjalani pemusatan latihan dan pertandingan uji coba selama bulan September, David Maulana dkk tampaknya belum akan bergeser ke negara lain.

Untuk pekan pertama bulan Oktober, pelatih asal Korea Selatan itu ingin memfokuskan program latihan untuk meningkatkan kekuatan otot pemain. Karenanya latihan akan lebih banyak dilakukan di gym daripada di lapangan.

“Pekan ini kami fokuskan pemain untuk latihan beban. Pemain harus semakin menguatkan otot dan kekuatan mereka. Konsistensi kondisi fisik dan stamina juga harus dijaga,” ujar Shin Tae-yong, dikutip dari laman PSSI, Jumat (2/10/2020).

Sebelumnya, PSSI mengabarkan merencanakan pemusatan latihan Timnas U-19 berlanjut ke Turki. Akan tetapi, sejauh ini tim asuhan Shin Tae-yong masih akan tetap berlatih di Kroasia.

Baca Juga :  Tak Dapat Lawan Uji Coba, Hari Ini Timnas U-19 Hanya Gelar Pertandingan Internal

Keputusan melanjutkan program latihan di luar negeri disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. “Sesuai arahan Pak Menpora, Timnas U-19 akan tetap berada di luar negeri setelah TC di Kroasia berakhir pada bulan September 2020. Kami bisa bergeser ke Turki atau masih di Kroasia,” ujar Iriawan dalam konferensi pers daring, Selasa (29/9/2020).

Demi menunjang program latihan, PSSI juga akan kembali mengupayakan mendapat lawan uji coba untuk Timnas U-19. “Nantinya di Kroasia kami bisa mendapatkan lawan-lawan uji coba yang bagus,” lanjut Iriawan.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan bahwa pemerintah mendukung program Timnas U-19 di luar negeri. “Kami mendukung Timnas U-19 memperpanjang durasi di luar negeri. Kami juga melihat perkembangan para pemain semakin lama semakin positif,” tutur Zainudin.

Baca Juga :  Pemainnya Kena Covid-19, Bosnia Herzegovina Batal Jadi Lawan Uji Coba Timnas U-19, PSSI Cari Lawan Pengganti

Timnas U-19 yang dilatih Shin Tae-yong berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020 dan, sejak awal, PSSI menjadwalkan TC di sana hanya berlangsung satu bulan. Selama di Kroasia, Beckham Putra dkk telah menjalani tujuh pertandingan uji coba dengan hasil dua kali menang, dua kali seri, dan tiga kali kalah.

Terakhir, Timnas U-19 meraih kemenangan atas klub Dinamo Zagreb, dalam pertandingan yang digelar pada Senin (28/9/2020). Amiruddin Bagas dan kawan-kawan menaklukkan lawannya dengan skor 1-0.

TC Timnas U-19 di luar negeri menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan, setelah sempat ditunda akibat pandemi Covid-19. Selain itu, Timnas U-19 juga diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021 yang dijadwalkan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

www.tempo.co