JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pecah Rekor Dalam Sehari Ada Penambahan 53 Kasus Corona Baru di Wonogiri, Total Terkonfirmasi Positif COVID-19 Kini Mencapai Angka 527

Tim gabungan memberikan peringatan penerapan protokol kesehatan bagi pedagang di pasar Sidoharjo Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pecah rekor, dalam sehari kemarin terjadi penambahan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 atau Corona dalam juga besar di Wonogiri. Pasalnya tercatat 53 kasus baru di Wonogiri.

Menurut data di website resmi Pemkab Wonogiri, Selasa (17/11) hingga pukul 21.00 WIB terdapat tambahan 53 kasus baru. Kini secara akumulatif ada 527 kasus di Kota Mete. Perinciannya, 17 orang dirawat di rumah sakit dan 99 orang lain menjalani isolasi mandiri.
Sementara 380 orang telah dinyatakan sembuh dan 31 orang pasien meninggal dunia.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa melalui Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma mengiyakan tambahan 53 kasus baru di Wonogiri itu adalah rekor. Penambahan puluhan kasus dalam sehari ini karena ditemukan klaster yang cukup besar seperti klaster pedagang di Pasar Sidoharjo. Selain itu, tingkat mobilitas yang tinggi dan kurang patuhnya warga dalam melaksanakan protokol kesehatan turut mempengaruhi banyaknya tambahan kasus di Kota Sukses.

Baca Juga :  Rizieq Shihab Jalani Tes Swab Mandiri, FPI Klaim Hasilnya Negatif Covid-19. Pengacara FPI: Bukti Medis Privasi HRS

“Kita evaluasi semuanya. Karena sudah berbulan-bulan pandemi berlangsung mungkin agak lupa dalam menerapkan protokol kesehatan, ini penting. Kita ingatkan, ingatkan ingatkan. Tidak boleh kendor,” tandas dia, Rabu (18/11/2020).

Selain klaster Pasar Sidoharjo pihaknya sudah mendeteksi adanya keluarga pedagang yang ternyata juga terpapar korona. Sudah ada beberapa klaster keluarga yang ditemukan.

“Untuk klaster pedagang Pasar Sidoharjo, kita sudah bekerjasama dengan Disperindag agar membatasi mobilitas pedagang yang terkonfirmasi positif yang mungkin juga berdagang di pasar lainnya,” jelas dia.

Selain tambahan 53 kasus baru, terdapat penambahan kasus baru pada beberapa hari lalu. Yang mencolok adalah adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif korona pada Sabtu (14/11) sejumlah 39 kasus baru tercatat pada saat itu.

Baca Juga :  Setujukah Jika Obyek Wisata di Wonogiri Dibuka Kembali? Seperti ini Jawaban Pengelola Destinasi Wisata Hit di Kota Sukses

Adhi mengatakan, penambahan kasus pada saat itu juga diantaranya merupakan pedagang pasar. Selain itu, juga ditemukan klaster diklat guru beberapa waktu lalu. Peserta diklat itu ada delapan orang yang terkonfirmasi positif. Satu diantaranya meninggal, juga kita temukan kontak erat lini satu-nya terpapar, menjadi klaster keluarga,” kata dia.

Tak hanya itu, diketahui pula ada klaster lima orang tenaga kesehatan asal Wonogiri yang bekerja di luar kota. Tiga orang nakes di salah satu rumah sakit swasta di Wonogiri juga turut terpapar Corona. Aria