JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Khawatir Pembatasan Saat Pandemi, SMA Muhi Karanganyar Mulai Kebanjiran Pendaftar Siswa Baru. Hingga Kini Sudah 150 Calon Siswa Baru Resmi Daftar Kursi

Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Karena adanya pembatasan kuota siswa baru selama pandemi covid, SMA Muhammadiyah 1 atau SMA Muhi Karanganyar kebanjiran inden calon siswa baru.

Hingga kini resmi terkonfirmasi sebanyak 150 calon siswa baru untuk tahun ajaran baru 2021-2022 mendatang inden mendaftar ke SMA Muhi Karanganyar.

Kasek SMA Muhi Karanganyar, Sumarwanto mengatakan pihaknya sudah mendapatkan amanat titipan sebanyak 150 calon siswa baru tahun ajaran 2021-2022 dari para wali murid.

“Sudah kita proses resmi pendaftaran atas inden 150 orang calon siswa baru tersebut,” tandasnya disela acara Milad SMA Muhi Karanganyar Ke-44, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga :  Kabar Baik, Pemerintah Putuskan Sekolah Tatap Muka Akan Dibuka Mulai Januari 2021. Ini 6 Ketentuan dan Persyaratan Wajib Yang Harus Dipenuhi Sekolah!

Menurut Sumarwanto, 150 orang calon siswa baru itu berasal dari Karanganyar dan Sukoharjo. Adapun alasannya inden sekolah karena kekhawatiran terhadap aturan adanya pembatasan penerimaan murid baru yang terjadi sejak tiga tahun terakhir, terutama disaat pandemi ini.

Selain itu alasan lainnya wali murid memilih inden di SMA Muhi Karanganyar karena prestasi sekolahan ini terbaik untuk SMA swasta di Karanganyar.

“Berdasarkan pertimbangan tersebut wali murid tidak mau ambil risiko dan memilih inden dari sekarang,” ungkapnya.

Dijelaskan Sumarwanto, besaran pembatasan penerimaan murid baru itu sekolah hanya diperbolehkan menerima sebanyak 432 siswa saja. Sehingga berdampak persaingan mencsri sekolah favorit lebih ketat.

Baca Juga :  Pertama dalam Sejarah, Hari Jadi ke-103 Kabupaten Karanganyar Dirayakan Secara Virtual. Bupati Pamer Capaian Penghargaan, Dorong Pemulihan Dampak Covid-19!

Untuk itulah wali murid mengambil jalan pintas dengan inden sekolah favorit. Setidaknya 150 murid tersebut mendapatkan nomor urut pendaftaran, karena jika menunggu saat dibuka pendaftaran maka antreannya sangat banyak.

Bahkan murid SMA Muhi Karanganyar dikenal paling banyak se-Soloraya yakni sebanyak 1.237 siswa. Sebelum ada pembatasan kuota jumlah murid SMA Muhi Karanganyar tembus sebanyak 1.800 siswa.

Namun meski sudah inden, kelak tetap diadakan tes seleksi masuk sekolah karena peminat SMA Muhi Karanganyar sangat banyak. Beni Indra