JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Diajak Gabung Partai Masyumi, Amien Rais Siap Bubarkan Partai Ummat Jika Terjadi Hal Ini

Amien Rais mengumumkan nama Partai Ummat. Foto: YouTube/ Amien Rais Official
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Partai Masyumi telah resmi mendeklarasikan kembali aktif dalam kancah politik Tanah Air, pada Sabtu (7/11/2020). Partai yang telah berdiri sejak tahun 1945 itu diyakini berpeluang menjadi kekuatan besar dalam dunia politik di Indonesia.

Salah satu yang meyakini adanya potensi besar dari Partai Masyumi ini adalah politikus Amien Rais, yang beberapa waktu lalu juga mengumumkan akan membentuk Partai Ummat.

“Sekarang Masyumi silakan deklarasi, AD/ART diproklamasikan, logo sudah jelas, dan lain-lain. Kemudian yang disasar adalah anak cucu masyumi ideologis, dan anak cucu masyumi biologis. Kalau bergabung ini, Insya Allah akan jadi kekuatan yang besar,” kata Amien dalam sambutannya di acara deklarasi Partai Masyumi, di Jakarta Pusat, Sabtu (7/11/2020).

Bahkan, Amien Rais menyatakan siap membubarkan partai yang baru dibentuknya itu untuk bergabung dengan Partai Masyumi dengan syarat.

Baca Juga :  Gubernur Anies Baswedan Dicecar 33 Pertanyaan Selama 9 Jam Diperiksa Polisi

Amien Rais mengatakan ingin nantinya diadakan sebuah survei untuk melihat perkembangan antara Partai Masyumi dengan Partai Ummat yang didirikannya. Hal itu untuk melihat seberapa besar kedua partai berasaskan Islam itu berkembang.

Jika sudah terlihat, Amien mengajak agar partai yang lebih kecil ikut bergabung ke partai yang lebih besar. “Kalau saya misalnya, Masyumi lebih besar, Partai Ummat saya bubarkan untuk Masyumi. Tapi kalau Partai Ummat lebih besar, please join us,” kata Amien Rais.

Amien Rais mengungkapkan bahwa dirinya pada dasarnya juga adalah seorang Masyumi. Namun ia menegaskan bahwa tak ada salahnya membuat Partai Ummat jika meyakini partainya bisa menjadi lebih besar.

Deklarasi Partai

Baca Juga :  Tertinggi Selama Pandemi, Sabtu, 21 November Pasien Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.578

Partai Masyumi, yang disebut sebagai partai politik Islam tertua di Indonesia, secara resmi telah kembali dideklarasikan tepat di hari ulang tahun ke-75 Masyumi. Pembacaan ikrar deklarasi dipimpin oleh Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII), A Cholil Ridwan.

“Kami yang bertanda tangan dibawah ini, mendeklarasikan kembali aktifnya Partai Politik Islam Indonesia yang dinamakan ‘Masyumi’,” ujar Cholil di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/11/2020).

Sementara itu, Partai Ummat resmi diumumkan Amien Rais pada 1 Oktober 2020 lalu dan dijadwalkan bakal menggelar deklarasi partai pada Desember 2020, bersamaan dengan pengumuman logo dan jajaran pengurus.

Pembentukan Partai Ummat ini dilakukan Amien Rais bersama loyalisnya, setelah keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat ini dipimpin Zulkifli Hasan.

www.tempo.co