JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

FPI Tegaskan Rizieq Shihab Sudah Jalani Tes Swab, tapi Tak Ingin Rekam Medis Dipublikasikan

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat berada di dalam pesawat setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020). Foto: YouTube/ Front TV

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kondisi kesehatan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, saat ini Rizieq Shihab dikabarkan sedang dirawat di rumah sakit, selain itu publik juga bertanya-tanya tentang hasil tes swab Covid-19 yang telah dijalaninya.

Terkait kabar seputar kondisi kesehatan Rizieq Shihab, FPI menegaskan bahwa pemimpin organisasi masyarakat itu telah melakukan tes swab Covid-19 secara mandiri dan hasilnya negatif. Namun untuk bukti maupun rekam medis, Rizieq Shihab menolak mempublikasikan.

“Terkait rekam medis itu hak pasien mau mempublikasikan atau tidak. Dan Habib Rizieq sudah menyatakan tidak mengizinkan apa pun rekam medisnya dipublikasikan kepada khalayak umum,” kata Wakil Sekretaris FPI Aziz Yanuar saat dihubungi, Sabtu (28/11/2020).

Aziz pun membantah kabar yang menyebut Rizieq Shihab menolak menjalani tes swab seperti yang ramai diberitakan. “Sepengetahuan saya beliau sudah dites. Jadi buat apa dites lagi,” kata Aziz.

Terkait hasil tes swab, Aziz menjamin bahwa Rizieq Shihab tidak terpapar virus corona. “Hasilnya insyaallah negatif,” katanya.

Baca Juga :  Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan, Raffi Ahmad Jalani Sidang Perdana Rabu 27 Januari 2021

Informasi terakhir yang beredar, Rizieq Shihab saat ini tengah menjalani rawat inap di Rumah Sakit UMMI Bogor dan dalam kondisi baik. Hal itu disampaikan salah satunya oleh Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif.

“Alhamdulillaah, IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) dalam kondisi sangat baik, sehat wal afiyat,” ujar Slamet, pada Kamis (26/11/2020).

Slamet menjelaskan keberadaan Habib Rizieq di rumah sakit di Bogor tersebut adalah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Menurutnya, hal tersebut dilakukan lantaran Rizieq Shihab merasa kelelahan usai menjalani serangkaian kegiatan yang padat setelah pulang ke Tanah Air.

Orang Dalam Pemantauan

Kabar mengenai kondisi kesehatan Rizieq Shihab juga mendapat perhatian serius dari Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Pasalnya, saat ini pemimpin FPI itu dirawat di rumah sakit yang masuk dalam wilayahnya dan informasi yang beredar, Rizieq Shihab melakukan tes swab Covid-19 tanpa berkoordinasi dengan pihak rumah sakit tempatnya dirawat.

Baca Juga :  Astaga, Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tambah 14.224 Orang dalam Sehari, Terbanyak di DKI Jakarta. Kini Total Sudah Capai 896.642 Kasus

Selain itu, beredar rekaman video yang memperlihatkan Rizieq Shihab sempat melakukan kontak dengan seseorang yang belakangan diketahui positif Covid-19. Sehingga, menurut Bima, Rizieq Shihab, seharusnya masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP).

“Menurut kami habib ini semestinya statusnya orang dalam pemantauan, karena termasuk kontak erat dengan orang dinyatakan positif (Covid-19),” kata Bima Arya di Balaikota Bogor, Jumat (27/11/2020).

Kondisi itu pula yang kemudian mendorong Pemkot Bogor melalui Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kota Bogor meminta pihak rumah sakit melakukan tes swab dengan pendampingan Dinas Kesehatan Kota Bogor kepada Rizieq Shihab.

Bima menyebut, dirinya sebagai ketua Satgas Covid-19 Bogor sekaligus kepala daerah memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlindungan kepada warga Bogor. “Karena kita tidak ingin ada sesuatu hal yang terjadi, bagaimana pun habib ini dilayani cukup banyak orang dan penting bagi semua selain kesehatan dan keselamatan habib sendiri,” katanya.

www.tribunnews.com