JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Info Gaes, Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Dibuka Kembali, Tapi Jangan Asal Masuk, Harus Memenuhi Syarat ini Yah

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah destinasi wisata di Wonogiri diizinkan dibuka kembali. Khususnya obyek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) dibuka pada Minggu (29/11/2020).

Plt Kepala Disporapar Wonogiri, Pranata di sela acara simulasi pembukaan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, Sabtu (28/11) mengatakan, WGM besok (Minggu) dibuka. Namun sebelum operasional pengelola harus menyiapkan simulasi di objek wisata masing-masing.

Dibukanya kembali objek wisata di Wonogiri, ujar dia, sudah mendapat restu dari Satgas Penanganan COVID-19 Wonogiri. Seperti diketahui, objek wisata di daerah itu telah ditutup sejak pertengahan Maret lalu untuk meminimalisir potensi penularan COVID-19.

“Dampaknya memang terasa. Maka sebelum dibuka, kami telah berkoordinasi dengan Satgas. Tentunya dengan diizinkannya dibuka kembali objek-objek wisata, harus dengan protokol kesehatan ketat oleh pengelola, petugas dan juga pengunjung wisatawan,” ujar dia.

Pihaknya bersama Satgas akan melakukan evaluasi atas simulasi yang dilakukan pengelola tempat wisata. Sehingga dapat diketahui apakah objek wisata yang akan dibuka itu memenuhi persyaratan penerapan protokol kesehatan atau tidak.

Baca Juga :  Sutoyo Terpilih Menjadi Ketua DPD LDII Wonogiri Masa Bakti 2021-2026, Secara Aklamasi Dalam Musda VII

Pranata menyebut, simulasi protokol kesehatan diikuti sejumlah petugas. Di dalam simulasi itu, petugas menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air sabun dan juga menjaga jarak. Para petugas dan pedagang juga telah diberi edukasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan.

“Simulasi yang dilakukan di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur bertujuan untuk mengetahui kesiapan pengelola dalam membuka objek wisata. Simulasi juga dilakukan di seluruh area objek wisata andalan Pemkab Wonogiri,” jelas dia.

Dikatakan, jumlah pengunjung yang bisa masuk ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur dibatasi. Tempat plesir itu mampu menampung 25 ribu pengunjung, maka hanya 12 ribu pengunjung saja yang bisa masuk ke sana. Para petugas akan memantau protokol kesehatan dengan ketat. Hal itu dilakukan demi mengantisipasi kerumunan, utamanya di wahana permainan.

Baca Juga :  Bukan Gendam atau Hipnotis, Polisi Sebut Kejadian di Girimarto Wonogiri Merupakan Pencurian, Begini Kronologinya

Dia menuturkan, objek wisata lain yang dikelola oleh Pemkab Wonogiri seperti Kahyangan, Kawasan Museum Karst, Wisata Setren, Pantai Sembukan dan Goa Putri Kencana bakal menyusul dibuka secara bertahap.

Objek wisata itu bakal dibuka setelah dilakukan evaluasi. Sementara objek wisata yang dikelola desa, diimbau segera melakukan simulasi. Lalu, hasilnya secepatnya diserahkan kepada dinas terkait.

“Hasil simulasi nanti diberikan kepada Dinas untuk kita carikan rekomendasi dari Satgas apakah objek wisata itu memenuhi syarat protokol kesehatan untuk dibuka atau tidak,” beber dia.

Kepala Dinas Kesehatan diWonogiri Adhi Dharma mengatakan semua area di obyek wisata itu berisiko dalam penularan corona. Namun setiap area memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Aria