JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Profil Ketua DPRD Wonogiri Sriyono, Cita cita Jadi Guru Pindah Haluan ke Pertanian Advertising Hingga Terjun ke Politik

Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono. Foto : istimewa
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

IMG 20201026 WA0038
Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Cukup menarik mengulik perjalanan politik Ketua DPRD Wonogiri Sriyono. Dari keinginan menjadi guru akhirnya pindah haluan ke bidang pertanian, beralih lagi ke periklanan atau advertising dan akhirnya berlabuh di panggung politik sebagai wakil rakyat.

Pelantikan Sriyono sebagai Ketua DPRD Wonogiri juga tak kalah menarik. Pasalnya dihelat berbarengan dengan hari ulang tahunnya plus peringatan Hari Pahlawan.

Sriyono, politikus PDIP itu secara blak-blakan kepada media menerangkan, sudah 16 tahun bergelut di ranah politik. Namun sebenarnya, menjadi anggota dewan bukanlah impian awalnya. Sebab, cita-cita awalnya adalah ingin menjadi seorang guru-red.

“Saya ini sarjana pendidikan, dulu pengin menjadi guru. Tapi, karena sejumlah faktor akhirnya saya ke kerjaan lain,” ungkap Sriyono, Selasa (10/11/2020).

Pria kelahiran Wonogiri 10 November 51 tahun silam itu menuturkan, terjun ke politik awalnya saat menjadi Ketua Tani dan Ternak Jerami di tahun 2000. Lalu menjadi Ketua BPD Desa Nguneng Puhpelem.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Alasan Polres Wonogiri Raih Juara 1 Gelar Operasional 2020, Endingnya Diganjar ini dari Polda

Dia bersama sejumlah rekan sukses pula membidani berdirinya biro iklan ternama di Kota Bengawan. Biro tersebut awalnya berkantor di teras rumah, berpindah di kawasan Penumping, dan beralih di seputaran Kerten.

“Waktu itu Bupatinya Pak Begug Poernomosidi,” ujar dia.

Di era Begug Peornomosidi itu, dia aktif dengan para kelompok tani di desanya bahkan luar kecamatan. Kala itu selain pertanian ia juga berkecimpung dengan dunia peternakan.

Setelah berbincang dan berdiskusi dengan Begug saat itu, dia diminta membantu Pak Begug. Permintaan itu disikapinya dengan mantab terjun ke politik praktis.

Baca Juga :  Ini Lho Maksud Kebijakan Gas dan Rem Selama Pandemi COVID-19 yang Diterapkan Pemkab Wonogiri Untuk Menumbuhkan Perekonomian Sekaligus Mengendalikan Penyebaran Virus Corona

“Kemudian saya mencalonkan diri sebagai calon legislatif pada 2004, dan menjadi anggota dewan,” beber dia.

Usai menjadi anggota dewan, karirnya menanjak. Dia oleh fraksi PDIP ditunjuk di Komisi II, komisi yang bersinggungan dengan pertanian dan peternakan.

Selama menjadi anggota DPRD Wonogiri, Sriyono pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP sebanyak satu kali dan menjabat sebagai Ketua Komisi IV sebanyak dua kali.

Pada masa jabatan 2019-2024, Sriyono memasuki periode keempat dalam karirnya sebagai anggota DPRD. Sriyono menggantikan Setyo Sukarno sebagai Ketua DPRD lantaran Setyo yang maju sebagai calon Wakil Bupati Wonogiri pada Pilkada 2020.

Setelah dilantik, Sriyono bakal beradaptasi dan menjalin komunikasi dengan semua pihak terkait. Kuncinya adalah komunikasi dengan rakyat, sebagai unsur yang diwakili DPRD. Aria