JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jelang Hari Jadi Karanganyar, Bupati Juliyatmono Mendadak Sambangi Mantan Bupati Rina Iriani. Rina Doakan Semoga Makin Semeleh

Foto/Humas Kab
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bupati Karanganyar, Juliyatmono beserta Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto dan beberapa pejabat menyempatkan silaturahmi anjangsana ke kediaman mantan bupati, Rina Iriani Sri Ratnaningsih di Perum Jaten Permai Indah Kecamatan Jaten Karanganyar.

Anjangsana ini merupakan tradisi yang kerap dilakukan pejabat Pemkab Karanganyar menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Karanganyar dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Pelaksanaan anjangsana bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-103 tahun ini tampak berbeda. Rina sapaan akrabnya, telah keluar dari LP Perempuan Kelas II A Semarang pada Agustus 2020, sehingga anjangsana dilakukan di kediamannya.

Silaturahmi  kali ini juga dilakukan di tengah pandemi virus Covid-19, sehingga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti jumlah rombongan dibatasi.

Sebelum memasuki rumah tamu dicek suhu tubuhnya, disemprot handsanitizer dan wajib mengenakan masker.

Baca Juga :  Parah, 4 Perusahaan Besar di Karanganyar Nunggak Setoran BPJS Sampai Rp Rp 2,5 Miliar. Kasusnya Kini Dilaporkan ke Kejaksaan

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, tradisi ini akan terus dilakukan setiap kali bertepatan dengan momen peringatan hari jadi Kabupaten Karanganyar.

“Momen hari jadi ini, kita silaturahmi kepada sesepuh atau dituakan yang berjuang untuk Karanganyar. Baik yang masih sehat, kita bisa ngobrol mohon bimbingannya. Yang mendahului kita doakan, kita ziarah. Termasuk hari ini, kita silaturahmi ke rumah Rina. Yang satu-satunya mantan bupati yang masih sehat dan bugar,” katanya di sela anjangsana Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut, selain dalam rangka silaturahmi, para pejabat juga meminta doa restu supaya apa yang dicita-citakan untuk kemajuan Kabupaten Karanganyar dapat tercapai.

Tradisi ini akan diwariskan kepada pejabat-pejabat yang akan memimpin Kabupaten Karanganyar mendatang.

Rina mengungkapkan rasa terima kasihnya karena masih dituakan. Dirinya merasa senang karena para rombongan dapat berkunjung ke rumahnya.

Baca Juga :  23 Negara Mulai Buka Keran Kedatangan TKI, Karanganyar Pilih Tunda Dulu Keberangkatan Calon TKI. Ini Masalahnya!

“Sejak aku di sekolah (lembaga pemasyarakatan) sampai sekarang, Alhamdulillah dari Pemkab Karanganyar masih disepuhkan atau dituakan. Walaupun dalam hati aku maunya dimudakan saja,” ucapnya sambil tersenyum.

Bertepatan dengan hari jadi ke-103 Kabupaten Karanganyar, Rina berharap semoga masyarakat dan pemerintah dapat bersatu padu demi kemajuan Karanganyar.

“Guyub rukun, bersatu padu membangun Karanganyar. Semoga dengan umur yang sudah tua, jadi semeleh, nrimo semua ikhlas bekerja dengan hati dan diniatkan ibadah,” tutur Rina.

Setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan, dirinya telah menyempatkan keliling dan melihat kondisi di beberapa wilayah di Karanganyar.

Menurutnya sudah banyak perkembangan di sektor pariwisata seperti yang dicita-citakan dulu semasa menjabat menjadi bupati. Wardoyo