JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

KPU Solo Mulai Merakit 2.552 Kotak Suara Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai melakukan proses perakitan kotak suara untuk Pilwakot Solo 2020. Sebanyak 2.552 kotak suara dirakit mulai Selasa (17/11/2020). Istimewa
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai melakukan proses perakitan kotak suara untuk Pilwakot Solo 2020. Sebanyak 2.552 kotak suara dirakit mulai Selasa (17/11/2020).

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan, perakitan kotak suara melibatkan delapan tenaga dan ditargetkan selesai dalam waktu tiga hari ke depan. Proses perakitan sendiri menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Perakitan kotak suara sudah dimulai, dan ditargetkan selesai dalam waktu tiga hari. Kami melibatkan delapan tenaga untuk merakit kotak suara Pilwakot Solo 2020,” urainya, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga :  Kasus Tabungan Rp 72 Juta Hilang di Maybank Solo, Polisi Periksa Kantor Provider

Nurul menambahkan, setiap tenaga perakit kotak suara wajib menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan ketat.

“Sebelum mereka masuk ke ruang rakit, wajib mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian mereka juga wajib menjaga jarak minimal satu meter. Selain itu, kotak suara dan peralatan lain untuk perakitan juga disemprot disinfektan sebelumnya,” tambahnya.

Sebelumnya, KPU Solo juga telah menerima sejumlah logistik Pilwakot Solo 2020. Diantaranya sebanyak 2.424 bilik suara untuk Pilwakot Solo 2020 tiba di Gudang KPU Solo. Ribuan bilik suara tersebut terbuat dari karton duplek.

Baca Juga :  UMS Akan Gelar Wisuda Pertama Kalinya Saat Pandemi secara Luring. Dilangsungkan dengan Protokol Kesehatan Ketat, Wisudawan dan Panitia Harus Serahkan Rapid Test

Komisioner KPU Solo, Kajad Pamuji menyampaikan, Pilwakot Solo 2020 memerlukan total 6.155 bilik suara dimana KPU Solo masih menyimpan 3.731 bilik suara stok lama dengan bahan aluminium.

“Yang baru datang ini pengadaan baru, dan sudah tiba pertengahan pekan lalu. Untuk bilik suara, kami masih menyimpan stok lama dari bahan aluminium juga yang masih layak pakai. Per TPS nantinya akan ditempatkan lima bilik suara. Kita memiliki 1.231 TPS,” paparnya. Prihatsari