JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa FSRD UNS Hendy Andi Wicahyo Raih Juara 1 Lomba Desain Poster Sumpah Pemuda

Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Hendy Andi Wicahyo, berhasil menyabet juara 1 Lomba Desain Poster Nasional Sumpah Pemuda yang digelar oleh BEM Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya, Sabtu (31/10/2020). Humas UNS
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Hendy Andi Wicahyo, berhasil menyabet juara 1 Lomba Desain Poster Nasional Sumpah Pemuda yang digelar oleh BEM Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya, Sabtu (31/10/2020)

Prestasi yang berhasil diraih oleh Hendy Andi Wicahyo tidak saja membuktikan daya juang mahasiswa UNS dalam berkompetisi selama pandemi Covid-19, namun juga menutup bulan Oktober tahun ini dengan catatan manis.

Dalam lomba desain bertajuk “Gaungkan Persatuan, Suarakan Kebhinekaan” yang digelar pada 25 September-25 Oktober, Andy –sapaan akrabnya- tertarik untuk mengikuti ajang tersebut setelah mengetahui informasi lomba melalui Instagram.

Baca Juga :  Humas UNS Gelar Webinar Kehumasan, Branding dan Informasi Data

Dari desain poster yang dibuatnya, Andy memperlihatkan bentuk keberagaman melalui grafis sejumlah orang yang memiliki perbedaan profesi maupun latar belakang duduk dalam satu meja.

Saat dihubungi uns.ac.id melalui pesan singkat, Sabtu (31/10/2020), Andy mengungkapkan desain poster yang dibuatnya terinspirasi dari orang-orang di sekitarnya yang punya visi masing-masing namun dapat hidup secara berdampingan.

“Inspirasi dari lingkungan sekitar karena banyak anak muda yang punya hobi berbeda-beda dan punya cita-cita yang berbeda, tapi mereka bisa rukun, saling berinteraksi, dan memperlihatkan tidak ada perbedaan antara satu sama lain,” ujar Andy.

Ia menambahkan dalam posternya, pemuda Indonesia harus mewujudkan persatuan untuk membangun bangsa dan negeri yang lebih baik dan maju, tanpa melihat adanya perbedaan, baik dari segi cita-cita, mimpi, maupun harapan masing-masing.

Baca Juga :  Ekonom UNS-UI Bahas Arah Kebijakan Moneter Indonesia Selama Resesi

Saat ditanya mengenai waktu pengerjaan desain, Andy menuturkan proses pembuatan desain memakan waktu selama 3 hari. Ia terlebih dahulu harus mencari ide, melakukan riset, membuat sketsa, hingga menyelesaikan tahap finishing desain.

Dengan prestasi yang berhasil diraihnya tersebut, Andy menitipkan pesan agar melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92, pemuda Indonesia mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

“Untuk pemuda-pemudi Indonesia yang saat ini sedang menggapai mimpi dan cita-cita, ayo kita bersama-sama memajukan bangsa kita ini dengan semangat kesatuan dan persatuan tanpa membedakan apa mimpi dan cita-cita kita,” tutup Andy. Prihatsari