JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Penerbangan Umrah Kembali Dibuka di Masa Pandemi Covid-19, Calon Jemaah Diingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Ilustrasi suasana bandara dengan orang-orang yang hendak melakukan perjalanan. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Penerbangan umroh dari Jakarta menuju Jeddah kembali dibuka sejak Minggu (1/11/2020). Sebanyak 253 calon jemaah umrah asal Indonesia pun telah diberangkatkan pada hari pertama dibukanya kembali umrah dari luar Arab Saudi sejak ditutup karena pandemi Covid-19 pada Maret lalu.

Menanggapi dibukanya kembali penerbangan umrah, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut baik. Ia pun mendoakan para jemaah agar dapat menjalankan ibadah umrah dengan mabrur. Tak lupa, Menhub mengingatkan agar para jemaah tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Tak Terkejut Putusan MK, Cak Imin: Bukti Bahwa MK Tak Cukup Kuat untuk Hambat Pelemahan Demokrasi

“Kami turut senang dengan dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia. Kami meminta para jemaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan pesawat maupun saat beribadah. Semoga ibadahnya mabrur dan tetap sehat,” jelas Budi Karya di Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Dibukanya kembali penerbangan umrah menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi yang telah menerima kedatangan jemaah umrah dari luar negeri. Otoritas Saudi juga telah memberlakukan pemberian visa umroh dalam sistem e-umroh.

Berdasarkan informasi dari Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah, untuk saat ini maskapai yang diizinkan membawa jemaah umrah hanya maskapai asal Arab Saudi yaitu Saudi Airlines, yang berlaku untuk semua negara asal jemaah yang disinggahi maskapai tersebut, termasuk di Timur Tengah, Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Afrika.

Baca Juga :  Partai-partai Koalisi Perubahan Pisah Jalan? Halal Bihalal dan Pembubaran Timnas AMIN Ditunda Sepekan, Ini Alasannya

Langkah ini sebagai uji coba Pemerintah Saudi untuk mempermudah kontrol pemberlakuan protokol kesehatan. Uji coba tersebut rencananya akan dilakukan selama bulan November-Desember 2020.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Otoritas Penerbangan Arab Saudi, untuk mengupayakan agar maskapai penerbangan nasional dapat mengangkut jemaah umroh dan dapat disertakan ke dalam sistem e-umroh. Liputan 6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com